Grammar bahasa Inggris

Grammar bahasa Inggris sering menjadi permasalahan untuk orang yang ingin belajar bahasa inggris, selain karena banyak sekali materi yang harus dikuasai, orang cenderung bingung bagaimana langkah termudah untuk bisa menguasai Grammar bahasa Inggris sesederhana mungkin. Pada dasarnya sudah banyak alat yang bisa kita manfaatkan untuk ” berinteraksi ” dengan Grammar bahasa Inggris, seperti misalnya grammarly

 

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas bagian – bagian yang ada dalam materi grammar, tetapi sebelumnya ada beberapa tips yang mungkin akan membantu kita dalam belajar Grammar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan cepat, antara lain :

 

1. Pelajari 8 part of speech dalam grammar bahasa inggris.

Setiap kata dalam bahasa inggris pasti akan masuk atau menjadi bagian dari 8 part of speech, jadi dengan menguasai atau memahami part of speech kita akan lebih mudah dalam menggunakan setiap kata dalam bahasa inggris, dan tentunya kita tidak akan kebingungan nantinya dalam merangkai suatu kalimat atau berbicara dalam bahasa inggris, karena kita tahu dimana dan bagaimana menempatkan atau menggunakan setiap kata dalam bahasa inggris. 8 Part of speech dalam grammar bahasa inggris ini meliputi antara lain :

* Nouns                                                 * Adverbs

* Pronouns                                          * Prepositions

* Verbs                                                  * Conjunctions

* Adjectives                                        * Interjections

Setiap materi ini akan kita pelajari dibagian berikutnya, dan setelah menguasai materi 8 part of speech.

 

2. Pelajari sentences untuk mempercepat belajar grammar bahasa inggris

Setelah menguasai dan mengetahui arti dan penempatan setiap kata, langkah berikutnya tentu saja mengetahui bagaimana setiap kata itu bisa dirangkai menjadi sebuah kalimat yang benar sesuai dengan aturan dalam struktur bahasa inggris yang benar, dan itu akan bisa kita lakukan jika menguasai sentences bahasa inggris.

Pada dasarnya sebuah kalimat dalam bahasa inggris terdiri dari subjek ( someone atau something ) dan verb atau kata kerja ( Being atau doing ). Sentences tidak akan terlalu sulit kita pelajari jika mengetahui aturan dasar dari sebuah kalimat dalam bahasa inggris.

 

3. Pelajari Phrases

Phrases atau frasa adalah kelompok kata dalam bahasa inggris yang saling berkaitan, dan karakteristik frasa ini tidak mengandung unsur sebjek dan kata kerja ( Verb ). Dengan menguasai dan paham cara menggunakan frasa dalam bahasa inggris akan memperkaya kita dalam berbicara atau membuat sebuah kalimat / tulisan dalam bahasa inggris. Untuk mempelajari lebih detail tentang phrases bisa anda pelajari dibagian bawah halaman ini, sedangkan untuk melihat contoh contoh phrases bisa anda lihat pada halaman phrases dan expressions bahasa inggris

 

4. Belajar Clauses

Clauses adalah kelompok kata yang mengandung subjek dan kata predicate. Clauses sendiri bisa berupa sebuah kalimat ( sentences ) yang bisa berdiri sendiri (independent clause), atau tidak dapat berdiri sendiri (dependent clause).

 

5. Pelajari Tenses

Langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari tenses, dengan belajar tenses anda akan tahu penempatan dan kapan menggunakan sebuah kata atau kalimat untuk menunjukan apakah yang anda maksud / kalimat yang anda buat menunjukan kejadian dimasa lalu, saat ini atau masa depan.

 

Catatan :

Kosa kata tidak masuk dalam pembahasan tips kali ini adalah karena penguasaan kata merupakan dasar yang harus dikuasai dalam penggunaan bahasa, karena itu wajib untuk siapapun yang belajar bahasa apapun untuk memperkaya perbendaharaan kata nya. Jadi urutan yang harus dilakukan adalah :

-Memperkaya perbendaharaan kata ——– tahu jenis / penempatan kata tersebut ( 8 part of speech ) ——– tahu bagaimana menggabungkan kata tersebut dengan benar ( sentences ) ——– perkaya dengan phrases ——– clauses ——– dan tahu bagaimana penempatan waktunya nya dengan tenses.

Tentu tidak sesederhana penjelasan diatas untuk menjadi mahir, tetapi dasar  belajar bahasa inggris dan percakapan sehari hari untuk anda yang ingin segera mempraktekan bahasa inggris bisa anda mulai dengan menggunakan acuan langkah – langkah diatas.

 

Index Materi grammar bahasa inggris yang bisa dipelajari

Belajar Grammar bahasa Inggris dasar. Dalam pelajaran bahasa inggris bisa dipahami sebagai  himpunan dari aturan-aturan yang terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata kata yang ada dalam bahasa inggris.( www.ef.co.id)  Semua bahasa pada dasarnya memiliki grammar. Untuk mempermudah anda belajar silahkan pelajari index grammar bahasa inggris dibawah ini

 

Sentences

Sentences adalah sekumpulan kata lengkap yang memiliki makna.

Sentences secara luas dibagi dalam 4 jenis, yaitu :

(a) Assertive Sentences ( Pernyataan )

Assertive sentences atau bisa juga disebut declarative sentences atau kalimat pernyataan, kalimat ini digunakan untuk menyatakan sesuatu, sebagai contoh :

Budi visits her grandfather during the holidays ( budi mengunjungi kakeknya selama liburan ). Kalimat ini menyatakan bahwa budi selama liburan mengunjungi kakek nya.

 

(b)Interrogative Sentences ( Pertanyaan )

Interrogative sentences adalah kalimat yang digunakan atau bermaksud untuk mengajukan suatu pertanyaan. Sebagai contoh :

Will you come to the movie with me ? ( Apakah kamu akan datang / pergi kebiaskop bersama saya ? )

 

(c) Imperative Sentences ( Permintaan / perintah )

Imperative Sentences adalah kalimat yang digunakan untuk membuat permintaan atau perintah, sebagai contoh :

kalimat perintah : Go away ! ( pergilah ! )

Kalimat permintaan :  Please help me with my PPKN homework ( tolong bantu saya mengerjakan PR PPKN saya)

 

(d) Exclamatory Sentences ( Kalimat seru untuk mengungkapkan sebuah perasaan yang kuat )

Exclamator sentences artinya adalah kalimat seru, sebuah kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan yang kuat, sebagai contoh :

Did you see ‘naga bonar,’ what a great movie it is!’ ( apakah kamu menonton naga bonar, naga bonar adalah  film yang hebat / bagus !

Sentences dibagi dalam 4 kategori, yaitu :

Simple Sentences ( kalimat sederhana )

Definition A simple sentence berisi satu klausa independen.

Examples

* Johnny rode his bike to school.

* Who is your best friend?
* She ate her lunch, took a walk, and went back to work.

Compound Sentences ( kalimat Majemuk )

Definisi  compound sentence adalah kalimat / sentences yang berisi dua klausa independen. yang dihubungkan oleh / A coordinating

conjunction (  for, and, nor, but, or, yet, so) dan biasanya selalu  didahului oleh koma.

Examples

* She wanted to go on vacation, so she saved up her money.

* I like apples, but my sister loves bananas.
* Tim loves to read, and he also loves to hike.

 

Complex Sentences ( Kalimat Komplek )

Sebuah kalimat kompleks mengandung satu klausa independen dan satu atau lebih klausa dependen / tergantung. Kalimat yang rumit akan mencakup setidaknya satu subordinating conjunction.

Examples

* She went to class even though she was sick.
* As John was arriving to work, he realized he forgot his lunch.
* While I enjoy classical music, I prefer rock and roll because I play the drums.

 

Compound-Complex Sentences ( Kalimat majemuk kompleks )

Sebuah kalimat Compound-Complex Sentences menggabungkan kalimat kompleks dan  kalimat majemuk. Sebuah kalimat majemuk-rumit / Compound-Complex Sentences mengandung satu atau lebih klausul independen dan satu atau lebih klausul dependen

Examples

* Although she felt guilty for missing her friend’s birthday, she took her out to dinner the next day, and they had a great time.
* I try to eat healthy food, but because fast food is so convenient, I cannot maintain a healthy diet.
* If he got the job, he would have to commute 50 miles to work, so he decided the job was not worth it.

 

 Phrase

Frasa adalah sekelompok  kata-kata yang membentuk unit yang bermakna dalam suatu klausa

(a) Noun Phrases

Pengertian noun phrase adalah suatu frasa bahasa inggris hasil dari penggabungan noun ( kata benda ) atau pronoun ( kata ganti benda ) atau bahkan number sebagai inti / head dari frasa tersebut dengan satu atau lebih modifier. Phrase noun ini sering digunakan jika single noun tidak cukup kuat atau spesifik untuk menjelaskan suatu kata

(b) Adjectival Phrases

Adjective phrase adalah frase yang menjadikan adjective sebagai head (inti) dari sebuah frase. Oleh karena itu, adjective phrase bertujuan untuk menjelaskan adjective lebih detail / spesifik lagi. adjective phrase yang terletak sebelum noun fungsinya berubah tidak lagi menjelaskan adjective,tetapi untuk menjelaskan noun. Oleh karena itu, fungsi utama adjective phrase pada umumnya berfungsi untuk menjelaskan noun.

(c) Adverbial Phrases

Adverbial phrase adalah kelompok kata yang terdiri dari adverb ( kata keterangan ) dengan qualifier (too, very, so, enough, etc) atau kelompok kata seperti: prepositional phrase atau infinitive phrase yang berfungsi seperti adverb.

 

Clause

 

(a) The Main Clause

 

(b) The Subordinate Clause

 

(1) The Noun Clause

 

(2) Adjective Clause

 

(3) The Adverb Clause

 

Parts of Speech

 

Noun

 

(a) Proper Noun

 

(b) Common Noun

 

(c) Collective

 

(d) Abstract Noun

 

(e) Concrete Noun

 

(f) Material Noun

 

(g) Countable Noun

 

(h) Uncountable Noun

 

(i) Noun Genders

 

– Masculine Gender
– Feminine Gender
– Common Gender
– Neuter Gender

 

(j) Case of A Noun

 

– Nominative Case
– Objective or Accusative Case
– Dative Case
– Possessive or Genitive Case
– Vocative Case

(k) Nouns by Number

 

– Singular Noun

 

– Plural Noun

 

Possessive nouns

 

Compound Nouns

 

Verb

 

(a) Transitive Verb

 

(b) Intransitive Verb

 

(c) Auxiliary Verb

 

(d) Primary Auxiliary Verbs

 

(e) Modal Auxiliary Verbs

 

(f) Semi Modal Auxiliary Verbs

 

(g) Quasi Modal Auxiliary Verbs

 

(h) Regular Verbs

 

(i) Weak Verbs

 

(j) Irregular Verbs

 

(k) Strong Verbs

 

(l) Modal Verb

 

(m) The Verb Be

 

(n) Verb Phrase

 

Pronoun

 

(a) Personal Pronoun

 

(b) Reflexive Pronoun

 

(c) Emphatic Pronoun

 

(d) Demonstrative Pronoun

 

(e) Indefinite Pronoun

 

– Universal Pronouns
– Assertive Pronouns
– Non-Assertive Pronouns
– Negative Pronouns
(f) Distributive Pronoun

 

(g) Relative Pronoun

 

(h) Interrogative Pronoun

 

(i) Reciprocal Pronoun

 

(j) Possessive Pronoun

 

(k) Prepositional Pronoun

 

(l) First Person

 

(m) Second Person

 

(n) Third Person

 

Adjective

 

(a) Adjective of Quality

 

(b) Adjective of Quantity

 

(c) Adjective of Number

 

(d) Interrogative Adjective

 

(e) Possessive Adjective

 

(f) Distributive Adjective

 

(g) Proper Adjective

 

(h) Demonstrative Adjective

 

(i) Adjective with Noun

 

(j) Adjective with Verb

 

Comparative and Superlative Adjectives

 

Adverb

 

(a) Adverb Modifies Verb

 

(b) Adverb modifies Adjective

 

(c) Adverb modifies Adverb

 

(d) Adverbs of Manner

 

(e) Adverbs of Time

 

(f) Adverbs of Frequency

 

(g) Adverbs of Number

 

(h) Adverbs of Place

 

(i) Interrogative Adverbs

 

(j) Adverbs of Extent

 

(k) Adverbs of Degree

 

(l) Adverbs of Purpose

 

(m) Adverbs of Reasons

 

(n) Exclamatory Adverbs

 

(0) Relative Adverbs

 

(p) Adverbs of Affirmation

 

(q) Adverbs of Negation

 

Conjunctive Adverbs

 

Preposition

 

(a) Prepositions and Verbs

 

(b) Prepositions and Nouns

 

(c) Prepositions and Adjectives

 

(d) Simple Prepositions

 

(e) Complex Prepositions

 

(f) Compound Prepositions

 

(g) Participle Prepositions

 

(h) Phrasal Prepositions

 

Tenses

 

Tenses Table

 

(a) Simple Present Tense

 

(b) Simple Past Tense

 

(c) Simple Future Tense

 

(d) Sentences in Present Continuous Tense

 

(e) Past Continuous Tense

 

(f) Future Continuous Tense

 

(g) Present Perfect Tense

 

(h) Past Perfect Tense

 

(i) Future Perfect Tense

 

(j) Present Perfect Continuous Tense

 

(k) Past Perfect Continuous Tense

 

(l) Future Perfect Continuous Tense