Apa itu Website Statis

Roofel Team
Apa itu Website Statis

jenis situs web yang kontennya tetap dan tidak berubah tanpa interaksi dari pengguna atau perubahan yang terjadi di luar pembaruan manual


Apa itu Website Statis

Website statis adalah jenis situs web yang kontennya tetap dan tidak berubah tanpa interaksi dari pengguna atau perubahan yang terjadi di luar pembaruan manual. Ini berarti ketika Anda mengakses halaman web di situs web statis, kontennya akan selalu sama, tidak peduli berapa kali Anda mengunjungi atau di mana Anda mengaksesnya. Website statis tidak memiliki komponen dinamis yang memungkinkan konten berubah secara otomatis.

Berikut beberapa ciri khas dari website statis:

Konten yang Tetap: Semua halaman di situs web statis memiliki konten yang tetap dan tidak berubah. Ini termasuk teks, gambar, dan elemen lainnya.

Tidak Ada Interaksi Pengguna: Pengguna tidak dapat berinteraksi dengan situs web statis. Tidak ada formulir kontak, komentar, atau fitur lain yang memungkinkan pengguna berpartisipasi.

Pembaruan Manual: Untuk mengubah atau memperbarui konten di situs web statis, Anda harus melakukannya secara manual dengan mengedit kode sumbernya.

Kinerja Cepat: Karena tidak ada komponen dinamis yang harus dihasilkan oleh server, website statis cenderung memiliki kinerja yang lebih cepat.

Website statis sering digunakan untuk jenis situs web sederhana yang tidak memerlukan perubahan konstan. Contoh website statis termasuk halaman pribadi, halaman portofolio, atau situs web sederhana yang menampilkan informasi bisnis dasar.

Keuntungan dari website statis adalah kesederhanaan dan kinerja yang baik. Mereka tidak memerlukan sumber daya server yang besar dan tidak memiliki kerumitan yang terkait dengan basis data atau pemrosesan dinamis. Namun, website statis mungkin kurang cocok untuk situs web yang membutuhkan konten yang sering diperbarui atau interaksi pengguna yang lebih kompleks.