Optimisasi Google My Business (GMB) dalam konteks Local SEO | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Optimisasi Google My Business (GMB) dalam konteks Local SEO

Optimisasi Google My Business (GMB) dalam konteks Local SEO merupakan strategi untuk memaksimalkan kehadiran dan visibilitas bisnis di hasil pencarian lokal Google.


Langkah Melakukan Optimasi GMB ( Google My Business )

Optimisasi Google My Business (GMB) dalam konteks Local SEO merupakan strategi untuk memaksimalkan kehadiran dan visibilitas bisnis di hasil pencarian lokal Google. GMB adalah platform yang sangat penting untuk bisnis lokal, terutama bagi mereka yang beroperasi di tingkat geografis tertentu.

Local SEO sendiri merupakan bagian dari teknik SEO, anda bisa mempelajari lebih dalam tentang pengertian dan jenis SEO agar mendapatkan pengetahuan tentang optimasi GMB lebih komprehensif.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoptimalkan Google My Business:

  1. Buat dan Klaim Profil GMB:

Buat akun Google My Business atau klaim bisnis Anda jika sudah terdaftar. Pastikan untuk memverifikasi kepemilikan bisnis.

  1. Lengkapi Informasi Bisnis:

Isi semua informasi bisnis yang diminta oleh Google, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam buka, kategori bisnis, dan deskripsi singkat.

  1. Tambahkan Informasi yang Relevan:

Sertakan informasi tambahan yang relevan, seperti metode pembayaran, area layanan, produk atau layanan yang ditawarkan, dan atribut lainnya yang relevan dengan bisnis Anda.

  1. Foto dan Multimedia:

Unggah foto berkualitas tinggi dari interior dan eksterior bisnis, produk atau layanan, serta foto tim atau staf. Multimedia dapat meningkatkan daya tarik profil GMB Anda.

Baca Artikel tentang Pengertian Local SEO adalah

  1. Ulasan dan Peringkat:

Aktif memonitor ulasan dari pelanggan dan merespons dengan ramah. Ulasan dan peringkat memainkan peran penting dalam peringkat lokal.

  1. Penggunaan Kata Kunci Lokal:

Gunakan kata kunci lokal yang relevan dalam deskripsi bisnis Anda. Ini membantu GMB memahami dan memetakan bisnis Anda ke lokasi yang tepat.

  1. Tentukan Jam Operasional:

Pastikan jam operasional bisnis Anda diperbarui dan akurat. Jika ada perubahan sementara atau libur, perbarui informasi ini.

  1. Kelola dan Perbarui Informasi Teratur:

Lakukan pembaruan teratur pada profil GMB, terutama jika ada perubahan dalam bisnis, seperti penambahan layanan atau perubahan alamat.

  1. Gunakan Fitur Posting:

Manfaatkan fitur posting GMB untuk membagikan berita, promosi, atau pembaruan lainnya. Posting dapat muncul di hasil pencarian dan menarik perhatian pelanggan potensial.

  1. Peta Lokasi:

Pastikan peta lokasi bisnis Anda di GMB akurat. Ini membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dengan mudah.

  1. Atribut dan Layanan Khusus:

Tambahkan atribut dan layanan khusus yang relevan dengan bisnis Anda. Ini membantu GMB mencocokkan bisnis Anda dengan pencarian spesifik.

  1. Pembaharuan COVID-19:

Jika bisnis Anda terpengaruh oleh pandemi COVID-19, berikan pembaruan terkait langkah-langkah keamanan, perubahan jam operasional, atau layanan khusus yang disediakan selama masa ini.

  1. Gunakan Fitur Tanya Jawab:

Gunakan fitur Tanya Jawab di GMB untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan dan memberikan informasi tambahan.

  1. Integrasi dengan Website:

Pastikan bahwa informasi yang tercantum di GMB sesuai dengan yang ada di situs web Anda. Konsistensi informasi membantu meningkatkan otoritas lokal.

  1. Analisis Kinerja:

Pantau analisis GMB untuk melihat bagaimana profil Anda berperforma, termasuk jumlah tampilan, klik, dan interaksi pelanggan. Data ini dapat membantu Anda menyesuaikan strategi Anda.

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan optimasi local SEO anda, GUnakan Jasa SEO Terpercaya di Jogja untuk membantu untuk melakukan optimasi GMB bisnis anda