Fitur-Fitur GMB Terbaru | Roofel

Yuda Prima Jasa
Fitur-Fitur GMB Terbaru

Artikel ini akan membahas fitur-fitur terbaru GMB yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan profil bisnis Anda.


Fitur-Fitur GMB Terbaru

Pendahuluan

Google My Business (GMB) merupakan alat penting bagi bisnis untuk meningkatkan visibilitas online dan berinteraksi dengan pelanggan. Google terus mengembangkan GMB dengan menambahkan berbagai fitur baru yang dapat membantu bisnis dalam mengelola kehadiran online mereka lebih efektif. Artikel ini akan membahas fitur-fitur terbaru GMB yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan profil bisnis Anda.

Fitur-Fitur Terbaru di Google My Business

1. Pembaruan Posting

Google telah meningkatkan fitur posting di GMB dengan memungkinkan bisnis untuk membuat berbagai jenis posting seperti penawaran, acara, pembaruan, dan produk. Fitur ini memudahkan bisnis untuk membagikan informasi penting dan menarik langsung kepada pelanggan potensial.

2. Pesan Langsung dari GMB

Fitur pesan langsung memungkinkan pelanggan untuk mengirim pesan langsung ke bisnis Anda melalui profil GMB. Ini meningkatkan interaksi dan memberikan cara cepat bagi pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau mendapatkan informasi tambahan.

3. Statistik Kunjungan Profil

Google kini menyediakan data lebih rinci mengenai bagaimana pelanggan berinteraksi dengan profil bisnis Anda. Anda bisa melihat data tentang jumlah kunjungan profil, panggilan telepon, permintaan petunjuk arah, dan tindakan lainnya yang dilakukan pelanggan.

Baca Artikel tentang Pengertian dari Local SEO Adalah

4. Pembaruan Atribut Bisnis

Bisnis sekarang dapat menambahkan atribut khusus pada profil mereka, seperti "Wi-Fi gratis," "ramah anak," atau "parkir tersedia." Atribut ini membantu pelanggan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang fasilitas yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

5. Fitur Pemesanan dan Janji Temu

Integrasi dengan berbagai platform pemesanan memungkinkan pelanggan untuk membuat janji temu atau pemesanan langsung dari profil GMB Anda. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis seperti restoran, salon, dan layanan lainnya yang memerlukan pemesanan.

6. Pembaruan COVID-19

Google menambahkan fitur khusus untuk pembaruan terkait COVID-19, di mana bisnis dapat memberikan informasi tentang perubahan operasional, langkah-langkah keamanan, dan layanan tambahan seperti pengiriman atau layanan drive-thru.

7. Deskripsi Bisnis yang Ditingkatkan

Bisnis sekarang dapat menambahkan deskripsi yang lebih panjang dan rinci tentang bisnis mereka. Ini memberikan kesempatan untuk menjelaskan layanan, produk, dan nilai unik bisnis Anda dengan lebih jelas kepada calon pelanggan.

8. Review Management Tools

Google telah memperbarui alat manajemen ulasan untuk memudahkan bisnis dalam mengelola dan merespons ulasan pelanggan. Anda dapat menyortir ulasan berdasarkan bintang, tanggal, dan bahkan menandai ulasan yang memerlukan perhatian segera.

Cara Memaksimalkan Fitur-Fitur GMB Terbaru

1. Aktif Memposting Pembaruan

Gunakan fitur posting untuk terus memberikan informasi terbaru tentang bisnis Anda. Posting secara teratur dapat meningkatkan keterlibatan dan menjaga bisnis Anda tetap relevan di mata pelanggan.

2. Respons Cepat terhadap Pesan

Pastikan Anda merespons pesan pelanggan dengan cepat untuk membangun kepercayaan dan memberikan layanan pelanggan yang baik. Aktifkan notifikasi agar Anda tidak melewatkan pesan penting.

3. Analisis Data Statistik

Manfaatkan data statistik untuk memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan profil Anda dan identifikasi area yang bisa ditingkatkan. Misalnya, jika banyak pelanggan mencari petunjuk arah, pastikan alamat dan peta lokasi Anda akurat.

4. Perbarui Informasi Secara Berkala

Selalu perbarui atribut bisnis dan deskripsi Anda untuk mencerminkan kondisi terkini. Informasi yang akurat membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

5. Gunakan Fitur Pemesanan

Jika bisnis Anda memerlukan janji temu atau pemesanan, pastikan untuk mengaktifkan dan mempromosikan fitur ini. Ini dapat mengurangi friksi bagi pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi.

Kesimpulan

Google My Business terus berkembang dengan fitur-fitur baru yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola kehadiran online mereka dengan lebih baik.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur terbaru ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas, interaksi, dan kepercayaan pelanggan. Pastikan untuk terus memperbarui dan mengoptimalkan profil GMB Anda agar tetap relevan dan kompetitif di pasar lokal.

Jika anda membutuhkan Layanan SEO murah di Jogja untuk mendongkrak penjualan, segera hubungi tim seo Specialist Roofel.