Tips untuk Memantau dan Menganalisis Performa GMB | Roofel

Yuda Prima Jasa
Tips untuk Memantau dan Menganalisis Performa GMB

Artikel ini akan memberikan tips tentang cara memantau dan menganalisis performa GMB Anda dengan efektif


Tips untuk Memantau dan Menganalisis Performa GMB

Pendahuluan

Google My Business (GMB) adalah alat penting bagi bisnis lokal untuk meningkatkan visibilitas online mereka. Namun, hanya memiliki akun GMB saja tidak cukup. Untuk memaksimalkan potensi GMB, Anda perlu memantau dan menganalisis performanya secara rutin. Artikel ini akan memberikan tips tentang cara memantau dan menganalisis performa GMB Anda dengan efektif.

Mengapa Memantau Performa GMB Penting?

Memantau dan menganalisis performa GMB penting karena:

  • Mengetahui Apa yang Berfungsi: Memahami elemen yang berhasil sehingga Anda bisa fokus pada strategi yang efektif.
  • Mengidentifikasi Masalah: Menemukan area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan visibilitas dan engagement.
  • Meningkatkan Pengambilan Keputusan: Membantu membuat keputusan berbasis data untuk strategi pemasaran Anda.

Menggunakan Google My Business Insights

GMB Insights adalah alat utama yang dapat Anda gunakan untuk memantau performa akun GMB Anda. Berikut adalah beberapa metrik penting yang perlu Anda perhatikan:

1. Views (Tampilan)

Jumlah tampilan menunjukkan berapa kali profil bisnis Anda muncul di hasil pencarian dan Google Maps. Pantau metrik ini untuk melihat seberapa sering bisnis Anda dilihat oleh calon pelanggan.

2. Search Queries (Kueri Pencarian)

Kueri pencarian menunjukkan kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan bisnis Anda. Analisis ini membantu Anda memahami bagaimana pelanggan menemukan bisnis Anda dan apakah kata kunci yang digunakan relevan dengan layanan atau produk Anda.

Baca Artikel Pengertian dari Local SEO

3. Customer Actions (Tindakan Pelanggan)

Tindakan pelanggan mencakup:

  • Kunjungan ke situs web
  • Permintaan arah
  • Panggilan telepon

Memantau tindakan pelanggan membantu Anda memahami interaksi pengguna dengan bisnis Anda dan mengukur efektivitas profil GMB Anda.

4. Photo Views and Quantity (Tampilan dan Jumlah Foto)

Foto yang menarik dapat meningkatkan engagement. Perhatikan berapa kali foto Anda dilihat dan jumlah foto yang diunggah untuk memastikan visual Anda efektif dalam menarik perhatian.

Tips Memantau dan Menganalisis Performa GMB

1. Set Up Regular Reports (Membuat Laporan Rutin)

Buat laporan rutin untuk memantau metrik performa GMB. Anda bisa menggunakan Google Data Studio untuk membuat laporan visual yang mudah dipahami.

2. Track Changes Over Time (Melacak Perubahan dari Waktu ke Waktu)

Pantau perubahan metrik performa dari waktu ke waktu. Ini membantu Anda melihat tren dan mengidentifikasi pola dalam performa GMB Anda.

3. Compare with Competitors (Membandingkan dengan Pesaing)

Analisis bagaimana performa GMB Anda dibandingkan dengan pesaing. Ini memberikan wawasan tentang posisi bisnis Anda di pasar dan area yang perlu ditingkatkan.

4. Respond to Reviews (Menanggapi Ulasan)

Ulasan pelanggan sangat penting. Tanggapi semua ulasan, baik positif maupun negatif, untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai masukan pelanggan dan siap memperbaiki layanan.

5. Optimize Based on Insights (Mengoptimalkan Berdasarkan Wawasan)

Gunakan data dari GMB Insights untuk mengoptimalkan profil Anda. Misalnya, jika banyak pengguna mencari layanan tertentu, pastikan layanan tersebut di-highlight dalam profil Anda.

Kesimpulan

Memantau dan menganalisis performa GMB adalah langkah penting untuk memastikan bisnis Anda terlihat dan terlibat dengan pelanggan potensial. Dengan menggunakan GMB Insights dan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan visibilitas, engagement, dan akhirnya, pertumbuhan bisnis Anda.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang performa GMB, Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik dan efektif untuk strategi pemasaran online Anda.

Jika anda membutuhkan Jasa SEO di Jogja untuk meningkatkan visibilitas online, segera hubungi tim seo Specialist Roofel.