Artikel Tentang : Apa Itu Google Sites dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Yuda Prima Jasa
Apa Itu Google Sites dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Google Sites adalah layanan pembuatan website gratis. Anda dapat membuat dan mendesain situs web untuk bisnis, pendidikan, atau pribadi Anda sendiri.


Google Sites adalah layanan situs web gratis yang disediakan oleh Google. Dengan Google Sites, kamu dapat dengan mudah membuat dan mengelola situs web pribadi atau bisnis. Tidak perlu mengetahui kode HTML atau harus mengelola hosting web. Google Sites menyediakan template yang sudah dibuat dan siap pakai yang dapat kamu gunakan sebagai titik awal, kemudian kamu dapat menyesuaikannya.

Google Sites sangat mudah digunakan. Kamu cukup memilih template, menambahkan konten seperti teks, gambar, video, dan file lainnya, kemudian menyesuaikan tampilan dan tata letak. Situs webmu akan secara otomatis di-hosting di server Google dan dapat diakses oleh siapa saja di internet. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat situs web kamu sendiri menggunakan Google Sites? Yuk kita coba, siapa tahu kamu menemukan cara baru dan mudah untuk berpromosi atau berbagi informasi dengan orang lain.

Sebelum membaca lebih jauh tentang Google site, kamu bisa mempelajari apa itu website, jenis dan hal lain yang terkait dengan website.

Apa Itu Google Sites?

Google Sites adalah layanan situs web gratis dari Google yang memungkinkan siapa saja membuat dan berbagi situs web dalam hitungan menit. Ini adalah cara yang mudah untuk membuat situs web responsif tanpa perlu mengetahui kode HTML atau CSS.

Bagaimana Google Sites Bekerja

Google Sites bekerja dengan menyediakan template situs web gratis yang dapat Anda pilih dari dan kemudian menyesuaikan. Anda dapat memilih dari berbagai gaya seperti portfolio, tim proyek, acara, dan banyak lagi. Setelah memilih template, Anda dapat menambahkan gambar, video, tabel, daftar, tautan, dan banyak konten lainnya hanya dengan menyeret dan melepas.

Situs Anda akan secara otomatis responsif, berarti akan terlihat bagus di perangkat apa pun. Anda juga dapat dengan mudah membagikan tautan situs Anda kepada orang lain agar mereka dapat melihat dan berkontribusi.

Google Sites gratis untuk digunakan dan tidak memerlukan hosting atau domain. Anda dapat membuat sebanyak situs web yang Anda inginkan. Ini adalah cara termudah untuk membangun situs web tanpa keterampilan teknis apa pun. Jika Anda memiliki tim atau organisasi, Google Sites adalah cara yang bagus untuk membuat situs web komunitas atau portal khusus anggota.

Cara Kerja Google Sites

Jadi, bagaimana Google Sites bekerja?

Google Sites adalah layanan pembuatan situs web gratis yang disediakan oleh Google. Dengan Sites, Anda dapat membuat dan mengedit situs web Anda langsung di browser web. Tidak perlu mengunduh atau memasang perangkat lunak tambahan.

Membuat Situs

Untuk memulai, buka situs web sites.google.com dan masuk ke akun Google Anda. Pilih “Buat situs baru” dan beri nama situs Anda. Pilih salah satu template yang disediakan atau mulai dari awal. Anda dapat menambahkan halaman baru, mengedit tata letak, mengunggah gambar dan video, serta menambahkan widget seperti Google Maps, Google Kalender, dan banyak lagi.

Mendesain Situs

Sites memiliki editor WYSIWYG yang memudahkan untuk mendesain situs web Anda. Anda dapat memilih dari berbagai template yang dirancang dengan baik atau membuat desain Anda sendiri. Tarik dan lepaskan widget, pasang gambar dan video, atur tata letak menggunakan grid dan kotak. Ubah warna situs, font, dan branding untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan.

Berbagi dan Mempromosikan

Setelah situs web Anda selesai, waktunya untuk berbagi dengan orang lain! Anda dapat berbagi tautan situs web Anda di media sosial, surat elektronik, dan dimana saja Anda ingin orang-orang menemukan situs Anda. Google Sites juga telah dioptimalkan untuk mesin pencari, jadi situs web Anda akan lebih mudah ditemukan di Google.

Manfaat Menggunakan Google Sites

Google Sites memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari Google Sites:

Mudah digunakan

Google Sites sangat mudah digunakan, bahkan bagi orang awam sekalipun. Anda tidak perlu memiliki pengalaman pemrograman untuk membuat situs web menggunakan Google Sites. Halaman dan template yang disediakan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga Anda hanya perlu mengisi konten dan menyesuaikan tampilannya.

Gratis

Google Sites adalah layanan situs web gratis. Anda tidak perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakan Google Sites. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar untuk domain dan layanan hosting. Google Sites menyediakan alamat situs web gratis dan hosting gratis.

Terintegrasi dengan layanan Google lainnya

Google Sites terintegrasi dengan layanan Google lain seperti Gmail, Google Drive, Google Calendar, dan Google Maps. Hal ini memudahkan Anda untuk mengimpor dan menyematkan konten dari layanan Google lain ke dalam situs web Anda. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menyematkan peta dari Google Maps atau mentransfer file dari Google Drive ke situs web Anda.

Bisa diakses di mana saja

Situs web yang dibuat dengan Google Sites dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dan dari perangkat apa saja yang terhubung ke internet. Anda dan pengunjung situs web Anda dapat mengaksesnya melalui laptop, desktop, tablet, atau ponsel pintar.

Kesimpulan

Jadi itulah Google Sites. Sederhana tapi powerful, Google Sites memberimu cara mudah dan gratis untuk membuat website pribadi atau bisnis Anda sendiri. Tidak perlu menghabiskan uang untuk desainer web atau perangkat lunak canggih. Cukup gunakan template Google Sites yang sudah ada atau buat sendiri dari awal. Tambahkan gambar, video, tautan, dan apa pun yang Anda inginkan. Lalu bagikan situs Anda ke seluruh dunia. Google Sites sangat berguna untuk berbagai keperluan, dari portfolio online sampai situs komunitas. Jadi mulailah membuat situs Anda sendiri hari ini. Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti situs buatan Anda akan menjadi sangat populer!

Jika anda adalah seorang pelaku usaha kecil dan menengah, Roofel menyediakan jasa pembuatan website UMKM untuk memenuhi kebutuhan usaha anda, Kami juga menyediakan layanan jasa pembuatan website profesional jika anda ingin lebih cepat mengakslerasi bisnis.