Riset Kata Kunci Untuk Optimasi SEO Toko Online | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Riset Kata Kunci Untuk Optimasi SEO Toko Online

E-commerce keyword research adalah proses penelitian kata kunci khusus yang bertujuan untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling relevane.


Pengertian Riset Kata Kunci Untuk Toko Online

E-commerce keyword research adalah proses penelitian kata kunci khusus yang bertujuan untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dan bermanfaat bagi toko online atau bisnis e-commerce. Proses ini mirip dengan riset kata kunci SEO biasa, tetapi fokusnya lebih pada pencarian kata kunci yang terkait langsung dengan produk atau layanan yang dijual secara online.

Baca Artikel tentang Apa itu Kata Kunci SEO Friendly

Berikut adalah perbedaan antara e-commerce keyword research dan riset keyword SEO biasa:

Fokus pada Produk dan Kategori:

E-commerce keyword research lebih fokus pada kata kunci yang berhubungan langsung dengan produk dan kategori produk yang dijual di toko online. Ini berbeda dengan riset keyword SEO biasa yang juga mencakup kata kunci untuk konten informatif atau awareness.

Pertimbangan Kompetisi Produk:

Dalam e-commerce keyword research, penting untuk mempertimbangkan tingkat persaingan untuk produk tertentu, karena beberapa produk mungkin memiliki persaingan yang lebih tinggi daripada yang lain. Sementara dalam riset keyword SEO biasa, persaingan mungkin lebih bervariasi tergantung pada topiknya.

Penekanan pada Konversi:

E-commerce keyword research lebih menekankan pada kata kunci yang memiliki potensi tinggi untuk menghasilkan konversi dan penjualan langsung. Sebaliknya, riset keyword SEO biasa juga mempertimbangkan kata kunci yang dapat meningkatkan lalu lintas organik dan kesadaran merek.

Search Intent Kata Kunci Transaksional:

Dalam e-commerce keyword research, terdapat fokus yang lebih besar pada kata kunci transaksional yang menunjukkan niat pembelian, seperti "beli sekarang", "diskon", atau "promo". Sedangkan dalam riset keyword SEO biasa, juga mencakup kata kunci yang lebih informatif atau penelitian.

Seorang SEO Specialist berpengalaman tentunya akan sangat memperhatikan search intent saat melakukan riset kata kunci agar menghasilkan katakunci sesuai target yang tepat

Optimasi untuk Elemen E-commerce:

E-commerce keyword research juga melibatkan optimasi elemen-elemen penting pada halaman produk, seperti judul produk, deskripsi, meta deskripsi, tag produk, dan atribut lainnya yang relevan dengan penjualan online. Sedangkan riset keyword SEO biasa mungkin lebih berfokus pada optimasi konten editorial atau blog.

Dengan demikian, e-commerce keyword research adalah bentuk khusus dari riset keyword SEO yang difokuskan pada kebutuhan unik toko online atau bisnis e-commerce untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara online.

Jika masih mengalami kesulitan dan ingin segera melihat hasil terbaik dari website toko online anda, Menggunakan Konsultan SEO Toko Online Profesional bisa menjadi pilihan terbaik.