Artikel Tentang : Ahrefs Adalah? Mengenal Tools SEO Ahrefs

Yuda Prima Jasa
Ahrefs Adalah? Mengenal Tools SEO Ahrefs

Ahrefs dikenal sebagai salah satu alat SEO paling populer dan powerful saat ini, Beberapa fitur utama yang ditawarkan Ahrefs antara lain...


Pengertian Ahrefs

Ahrefs adalah sebuah perusahaan teknologi asal Rusia yang menyediakan alat dan layanan pemasaran digital terutama untuk keperluan SEO (Search Engine Optimization).

Ahrefs dikenal sebagai salah satu alat SEO paling populer dan powerful saat ini, dengan lebih dari 100.000 pelanggan di seluruh dunia. Beberapa fitur utama yang ditawarkan Ahrefs antara lain keyword research, backlink analysis, site audit, rank tracking dan content explorer.

Dengan Ahrefs, para SEO specialist Profesional bisa melakukan riset kata kunci secara mendalam, memeriksa profil tautan balik dari situs mana pun, melakukan audit SEO yang komprehensif, melacak peringkat kata kunci, dan menemukan ide konten baru. Singkatnya, Ahrefs memberikan semua alat yang dibutuhkan SEO untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web mereka.

Sejarah Ahrefs

Ahrefs adalah perusahaan teknologi periklanan digital yang didirikan pada tahun 2011 oleh Dmitry Gerasimenko dan Timur Gerasymenko di Belarus. Situs web analitik yang menawarkan perkakas SEO utama seperti SEO backlink checker dan content explorer.

Ahrefs dirilis pertama kali pada pertengahan 2011 oleh Dmitry Gerasimenko. Pada saat itu, layanan Ahrefs hanya fokus pada backlink profile dan analisis kompetitor. Setelah itu, fitur-fitur seperti site explorer dan content explorer dikembangkan untuk melengkapi analisis SEO.

Pada tahun 2012, Timur Gerasymenko bergabung dan membantu mengembangkan Ahrefs menjadi produk SEO yang komprehensif. Kantor Ahrefs dibuka di Singapura pada tahun 2015 untuk memperluas pasar ke Asia.

Saat ini, Ahrefs menjadi salah satu alat SEO paling populer di dunia dengan lebih dari 100.000 pelanggan. Perusahaan yang berbasis di Belarus ini terus berkembang dan meluncurkan fitur baru untuk membantu para SEO, pemasar, dan pemilik bisnis.

Fitur Utama Ahrefs

Ahrefs menawarkan berbagai fitur canggih untuk analisis SEO dan pemasaran konten. Beberapa fitur utamanya adalah:

Site Explorer

Site Explorer memungkinkan Anda menganalisis tautan masuk (backlink) suatu situs web. Anda dapat melihat jumlah dan kualitas tautan masuk, sumber tautan, dan banyak lagi. Ini membantu mengoptimalkan profil tautan masuk situs Anda.

Content Explorer

Content Explorer digunakan untuk menelusuri topik dan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Anda dapat menemukan peluang konten baru dan ide artikel yang potensial viral.

Keyword Explorer

Alat pencari kata kunci ini menunjukkan volume pencarian, persaingan, dan data kata kunci lainnya yang berguna untuk optimasi SEO. Anda dapat menentukan kata kunci target yang tepat untuk konten Anda.

Rank Tracker

Gunakan Rank Tracker untuk memantau peringkat situs web Anda di mesin telusur seperti Google. Anda dapat melacak perubahan peringkat dari waktu ke waktu dan melihat progres optimasi SEO Anda.

dan banyak lagi...

Ahrefs juga menawarkan alat-alat hebat lainnya seperti Alerts, Keyword Gap, Organic Traffic Insights, dan banyak lagi yang sangat berguna untuk SEO.

Baca artikel tentang SEO adalah? Pengertian dan checklist SEO

Manfaat Ahrefs

Ahrefs menawarkan banyak manfaat yang berguna bagi para pengguna, terutama yang bekerja di bidang pemasaran digital atau seorang SEO Specialist. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari Ahrefs:

Meningkatkan SEO

Ahrefs memiliki banyak fitur yang berguna untuk meningkatkan SEO suatu situs web, seperti:

  • Keyword Explorer - Menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi tinggi untuk target audiens.
  • Backlink Analysis - Melihat backlink profil dari situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Site Audit - Memeriksa seberapa baik situs web Anda ditinjau dari sisi teknis SEO.
  • Rank Tracker - Memantau peringkat kata kunci situs web Anda di mesin telusur.

Dengan Ahrefs, Anda bisa mendapatkan wawasan mendalam tentang SEO situs web Anda dan melakukan optimasi dengan lebih efektif.

Analisis Kompetitor

Ahrefs sangat berguna untuk melakukan riset kompetitor. Anda bisa melihat daftar kata kunci apa saja yang ditarget kompetitor, seberapa banyak trafik yang mereka dapatkan, sumber trafik, dan backlink profile mereka.

Dengan menganalisis kompetitor, Anda bisa mempelajari strategi apa yang berhasil untuk mereka dan mengadopsinya ke dalam strategi SEO Anda sendiri.

Optimasi Konten

Ahrefs juga berguna untuk mengoptimasi konten di situs web Anda. Fitur Content Gap menunjukkan kata kunci berpotensi tinggi yang belum ditarget oleh konten Anda saat ini.

Anda juga bisa melihat kata kunci apa saja yang paling banyak dicari pengguna tapi belum ada halaman yang menargetkannya di situs Anda. Informasi ini sangat berharga untuk membuat konten dan halaman baru.

dan banyak lagi

Ahrefs menawarkan banyak fitur canggih lainnya seperti Site Explorer, Alerts, dan Ahrefs API. Semua fitur ini dirancang untuk membantu Anda atau bahkan agency optimasi seo website profesional dalam meningkatkan SEO dan pemasaran konten secara menyeluruh. Ahrefs pantas dipertimbangkan oleh siapa pun yang serius dalam optimasi mesin telusur.

Harga Berlangganan

Salah satu keunggulan Ahrefs adalah ragam paket berlangganan yang ditawarkan. Ahrefs menyediakan paket bulanan dan tahunan dengan harga mulai dari $7 hingga $999 per bulan.

Paket paling terjangkau adalah Lite dengan harga $7 per bulan atau $84 per tahun. Paket ini sudah mencakup fitur pencarian organik dasar seperti volume pencarian bulanan dan perkiraan lalu lintas organik situs.

Kemudian untuk kebutuhan yang lebih komprehensif, Ahrefs menawarkan paket Advanced dan Premium dengan harga berturut-turut $99 dan $179 per bulanan. Kedua paket ini sudah mencakup akses penuh ke fitur inti Ahrefs.

Adapun paket paling lengkap adalah Agency dengan harga $999 per bulan. Paket ini ditujukan bagi agensi digital dan perusahaan besar yang memerlukan akses tak terbatas serta dukungan khusus dari tim Ahrefs.

Secara umum, semakin tinggi paket langganan, semakin banyak fitur dan batas akses yang didapatkan. Misalnya jumlah permintaan API per hari. Namun, paket Advanced dan Premium sebenarnya sudah sangat ideal untuk kebanyakan pengguna dan bisnis.

Baca artikel tentang Bagaimana seo meningkatkan kepercayaan target audiens

Integrasi

Ahrefs menyediakan integrasi yang sangat baik dengan berbagai alat SEO dan pemasaran lainnya. Dengan integrasi Ahrefs, Anda dapat memanfaatkan data dan wawasan dari Ahrefs di alat lain yang Anda gunakan.

  • Ahrefs terintegrasi dengan Google Search Console, memungkinkan Anda melihat posisi kata kunci dan data lalu lintas dari Search Console dalam akun Ahrefs Anda.
  • Ahrefs juga terintegrasi dengan alat analitik web populer seperti Google Analytics. Ini memungkinkan Anda melihat data analitik web bersama dengan data SEO dalam satu tempat.
  • Selain itu, Ahrefs terintegrasi dengan berbagai alat SEO dan pemasaran populer seperti SEMrush, Moz, dan banyak lagi. Ini memudahkan Anda untuk membandingkan dan menggabungkan wawasan dari berbagai alat.
  • Ahrefs juga menyediakan API yang memungkinkan integrasi kustom dengan platform lain seperti Excel, Data Studio, Tableau, dll. API ini sangat berguna untuk menarik data Ahrefs ke alat bisnis dan analitik Anda.
  • Secara keseluruhan, integrasi yang kuat dari Ahrefs dengan alat lainnya adalah fitur yang sangat berharga dan membantu meningkatkan alur kerja SEO dan pemasaran. Ini memungkinkan Anda menggunakan data Ahrefs secara lebih efektif di seluruh alat stack Anda.

Kekurangan

Secara umum, Ahrefs memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan alat SEO lainnya:

  • Biaya berlangganan yang mahal. Harga paket berlangganan Ahrefs cukup tinggi dibandingkan kompetitor. Ini bisa menjadi hambatan bagi bisnis kecil atau pemula.
  • Antarmuka yang rumit. Antarmuka Ahrefs terlihat penuh dengan data dan fitur yang mungkin membingungkan bagi pengguna baru. Membutuhkan waktu untuk terbiasa.
  • Sulit dilacak hasilnya. Meskipun Ahrefs menyediakan banyak data, terkadang sulit menentukan tindakan nyata apa yang harus dilakukan berdasarkan datanya. Perlu keahlian lebih lanjut.
  • Fokus pada backlink. Ahrefs dianggap lebih kuat dalam analisis backlink dibanding aspek SEO lainnya seperti on page optimization.
  • Kurang fitur keyword research. Fitur keyword research di Ahrefs dinilai masih kalah dibanding alat lain seperti SEMRush.
  • Dukungan pelanggan terbatas. Dukungan via email dan live chat hanya untuk paket Premium. Paket lite dan standar hanya mendapat akses komunitas.
  • Tidak ada audit SEO otomatis. Ahrefs tidak menyediakan fitur audit otomatis seperti alat SEO lainnya. Pengguna harus melakukan audit manual.

Namun secara keseluruhan, Ahrefs tetap menjadi alat SEO dan backlink analysis yang recommended karena data dan fiturnya yang komprehensif. Kekurangan di atas dapat diatasi dengan menggunakan Ahrefs bersama alat SEO lain yang saling melengkapi.

Baca Artikel tentang pentingnya Quality Konten

Testimoni Pengguna

Ahrefs mendapatkan banyak ulasan positif dari para pengguna. Banyak yang mengatakan Ahrefs sangat membantu dalam melakukan analisis situs web dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Salah satu ulasan dari Elisa Doe, pemilik situs fashion bernama StyleElisa.com mengatakan:

"Saya sangat terbantu dengan fitur analisis kata kunci yang disediakan Ahrefs. Saya bisa mengetahui kata kunci apa saja yang paling banyak dicari dan relevan dengan bisnis saya. Berkat itu, konten dan SEO saya jadi lebih terarah dan traffic situs saya meningkat pesat dalam waktu singkat."

John Smith, seorang freelance SEO dari Canada juga memberi ulasan positif:

"Tool Ahrefs memudahkan pekerjaan saya sebagai SEO. Data yang disediakan sangat lengkap dan akurat, jadi saya bisa membuat strategi SEO yang tepat untuk klien. Fitur Backlink Checker juga berguna untuk melacak dan menganalisis backlink. Overall Ahrefs layak banget buat diinvestasikan."

Begitu pula Sara Lee dari Australia:

"Sebagai pemula di dunia SEO, Ahrefs sangat recommended buat dipelajari. Interface nya user friendly dan mudah dimengerti. Laporan nya juga informatif buat evaluasi SEO situs web saya. Worth it banget berlangganan Ahrefs!"

Baca Artikel tentang Pentingnya perencanaan dalam SEO

Alternatif

Ada beberapa tools SEO lain yang menyediakan fitur serupa dengan Ahrefs:

  • SEMrush - Salah satu kompetitor terbesar Ahrefs. SEMrush menyediakan fitur untuk analisis kata kunci, backlink, peringkat organik, dan masih banyak lagi. Harga berlangganannya juga kompetitif.
  • Moz - Moz terkenal dengan alat MozBar yang membantu melakukan analisis on-page. Selain itu Moz juga memiliki fitur backlink analysis, keyword research, dan rank tracking.
  • SEO SpyGlass - Alat khusus untuk analisis backlink. SEO SpyGlass sangat canggih untuk mengungkap profil dan kualitas backlink pesaing.
  • Majestic - Salah satu pioneer dalam analisis backlink. Majestic memiliki indeks backlink terbesar di industri. Fitur utamanya backlink checker dan pencarian domain yang berhubungan.
  • Serpstat - Menyediakan beragam fitur lengkap mulai dari keyword research, rank tracking, audit SEO, hingga PPC keyword research. Harganya juga terjangkau untuk pemula.
  • SEO PowerSuite - Paket alat SEO lengkap dengan fitur keyword research, SEO audit, backlink analysis, rank tracking dan banned keyword checker.
  • Longtail Pro - Fokus pada keyword research dan keyword tracking. Sangat bagus untuk menemukan long tail keyword yang menjanjikan.
  • SE Ranking - Tool serbaguna dengan fitur rank tracker, site audit checklist, backlink checker, dan keyword research. Dilengkapi addons Chrome dan Firefox.
  • SERPBook - Alat canggih khusus untuk keyword research dan rank tracking dengan data real-time. Terintegrasi AI untuk rekomendasi optimasi.
  • Ubersuggest - Ubersuggest adalah sebuah tool SEO gratis dan berbayar yang dikembangkan oleh Neil Patel.

Baca Artikel tentang Pentingnya technical dalam SEO

Kesimpulan

Ahrefs adalah salah satu alat SEO dan analisis situs web paling populer yang digunakan oleh para profesional SEO. Ahrefs menyediakan berbagai fitur canggih seperti backlink checker, content explorer, rank tracker, dan keyword research tools yang sangat berguna untuk menganalisis dan meningkatkan SEO suatu situs web.

Kelebihan utama Ahrefs adalah basis data backlink dan keyword yang sangat besar dan akurat. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan riset kata kunci dan analisis pesaing dengan sangat komprehensif. Ahrefs juga menyediakan berbagai fitur canggih seperti rekomendasi kata kunci, content gap analysis, dan audit technical SEO.

Secara keseluruhan, Ahrefs adalah alat SEO yang sangat bermanfaat untuk membantu optimalisasi situs web. Dengan berlangganan Ahrefs, para Pakar seo atau perusahaan jasa Optimasi SEO Website dapat melakukan riset dan analisis mendalam untuk meningkatkan peringkat dan trafik organik situs web mereka. Oleh karena itu, Ahrefs sangat direkomendasikan bagi para professional SEO maupun pemilik bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas situs web mereka di mesin pencari.