Ubersuggest Adalah? Fitur dan Manfaatnya | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Ubersuggest Adalah? Fitur dan Manfaatnya

Ubersuggest adalah sebuah tool SEO gratis berbasis web. Ubersuggest menggunakan data dari mesin pencari seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan rekomendasi kata kunci..


Pengertian Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah tool SEO gratis berbasis web yang dikembangkan oleh Neil Patel. Tool ini dirilis pertama kali pada tahun 2014 dengan tujuan untuk membantu para pemasar digital menemukan ide konten dan kata kunci yang relevan untuk strategi SEO mereka.

Ubersuggest menggunakan data dari mesin pencari seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan rekomendasi kata kunci untuk membantu pengguna menghasilkan ide-ide konten yang optimal. Dengan Ubersuggest, pengguna dapat dengan mudah menelusuri ratusan ide kata kunci yang terkait dengan topik utama mereka.

Neil Patel, pendiri Ubersuggest, adalah seorang entrepreneur digital ternama dan salah satu pakar pemasaran online terkemuka di dunia. Ia juga merupakan co-founder dari Crazy Egg, Hello Bar, dan KISSmetrics. Dengan latar belakangnya yang mendalam di bidang optimasi mesin pencari, Neil Patel menciptakan Ubersuggest untuk membantu para pemasar meningkatkan SEO mereka.

Dengan fitur pencarian kata kunci pintarnya, Ubersuggest bertujuan menjadi assistant SEO yang handal bagi para profesional pemasaran digital. Tool ini sangat bermanfaat untuk riset kata kunci dan mencari inspirasi konten yang optimal untuk SEO.

Fitur-fitur Ubersuggest

Ubersuggest menyediakan berbagai fitur canggih untuk membantu optimasi SEO. Beberapa fitur utama Ubersuggest adalah:

  • Keyword Suggestions - Ubersuggest dapat menyarankan ribuan keyword yang terkait dengan topik yang dimasukkan. Keyword suggestion ini dilengkapi dengan data volume pencarian dan nilai kompetisi keyword.
  • Search Volume - Data jumlah pencarian bulanan untuk setiap keyword disajikan sehingga kita bisa memilih keyword dengan volume pencarian tinggi.
  • CPC Data - Ubersuggest menampilkan perkiraan biaya per klik iklan untuk setiap keyword. Data CPC berguna untuk menentukan potensi pendapatan dari keyword.
  • SERP Analysis - Fitur ini menganalisis halaman hasil pencarian Google untuk keyword tertentu. Kita bisa melihat 10 besar situs yang muncul di SERP.
  • Backlink Analysis - Ubersuggest melakukan analisis backlink 10 besar situs di SERP untuk melihat jenis backlink apa yang paling berpengaruh.
  • Related Keywords - Keyword terkait dan ide topik baru disarankan berdasarkan keyword utama yang dimasukkan.
  • SEO Content Template - Ubersuggest dapat membuat template konten SEO otomatis berdasarkan topik yang dimasukkan. Template ini siap diisi konten.

Dengan berbagai fitur canggih tersebut, Ubersuggest sangat membantu dalam menyusun strategi kata kunci dan optimasi konten yang efektif. Fitur-fiturnya sangat komprehensif untuk analisis kata kunci hingga persiapan konten SEO.

Baca artikel tentang Backlink Adalah

Manfaat Ubersuggest

Ubersuggest memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan penggunanya, terutama bagi mereka yang ingin mengoptimalkan SEO situs web mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari Ubersuggest:

Mencari ide keyword

Salah satu fitur andalan Ubersuggest adalah kemampuannya menyarankan berbagai ide keyword yang relevan dengan topik atau bisnis Anda. Dengan memasukkan satu kata kunci utama, Ubersuggest akan menampilkan ratusan hingga ribuan saran keyword lainnya yang terkait. Ini sangat berguna untuk mendapatkan inspirasi keyword baru saat membuat konten dan mengoptimalkan halaman web.

Menganalisis kompetitor

Lewat fitur Domain vs Domain, Ubersuggest bisa digunakan untuk menganalisis keyword yang digunakan pesaing. Anda bisa melihat keyword apa saja yang menjadi fokus optimasi mereka. Informasi ini bermanfaat untuk menyusun strategi konten dan SEO yang lebih baik.

Mengukur popularitas keyword

Ubersuggest menyediakan data seperti jumlah pencarian bulanan untuk setiap keyword. Metrik ini penting untuk menentukan kata kunci mana yang paling layak dioptimalkan berdasarkan volume pencariannya. Keyword populer tentu lebih menjanjikan trafik besar jika berhasil dioptimalkan dengan baik.

Mempelajari intent keyword

Salah satu aspek penting SEO adalah memahami search intent di balik keyword yang dicari orang. Apakah mereka mencari informasi, bertanya jawab, atau berniat melakukan transaksi. Ubersuggest memberikan wawasan tentang intent keyword berdasarkan analisis frase pencarian yang digunakan.

Meningkatkan SEO konten

Secara keseluruhan, manfaat terbesar Ubersuggest adalah membantu meningkatkan optimisasi konten dan SEO situs web. Dengan memanfaatkan ide keyword, analisis kompetitor, data volume pencarian, dan informasi intent dari Ubersuggest, Anda bisa membuat konten dan mengoptimalkan halaman web dengan lebih efektif.

Baca Artikel tentang Optimasi Mobile first dalam seo

Cara Menggunakan Ubersuggest

Untuk bisa menggunakan Ubersuggest, ada beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan:

Register akun

Langkah pertama tentu saja adalah mendaftarkan akun di Ubersuggest. Pengguna bisa mendaftarkan akun baru atau login dengan akun Google atau Facebook yang sudah ada. Pendaftaran akun di Ubersuggest gratis dan tidak berbayar.

Input keyword utama

Setelah login, pengguna bisa memasukkan keyword utama yang ingin dianalisis oleh Ubersuggest. Keyword bisa berupa satu kata maupun frasa. Pastikan memasukkan keyword yang relevan dengan topik artikel yang akan ditulis.

Pilih jenis data yang ingin dianalisis

Ubersuggest menyediakan beragam data dan insight berdasarkan keyword yang dimasukkan. Pengguna bisa memilih data apa saja yang ingin dianalisis, seperti ide keyword, monthly search volume, CPC, dan lain-lain. Pilihlah data yang paling berguna untuk optimasi konten artikel.

Telusuri hasil analisis data

Setelah semua data dipilih, Ubersuggest akan menampilkan hasil analisanya dalam bentuk tabel maupun grafik yang mudah dipahami. Telusuri hasilnya dan pilih insight yang paling bermanfaat untuk mengoptimasi konten artikel. Misalnya keyword yang paling banyak dicari, topik terkait yang disarankan, dan sebagainya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna sudah bisa memanfaatkan Ubersuggest untuk menganalisis keyword dan data untuk mengoptimasi konten artikel. Pastikan memaksimalkan fitur dan insight yang diberikan Ubersuggest agar konten lebih optimal.

Kelebihan Ubersuggest

Ubersuggest memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengguna, di antaranya:

Gratis

Ubersuggest menyediakan paket gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja. Paket gratis ini sudah mencakup fitur-fitur penting yang dibutuhkan untuk riset kata kunci, seperti volume pencarian, nilai CPC, dan rekomendasi kata kunci. Dengan paket gratis ini, kita sudah bisa melakukan riset kata kunci dasar untuk keperluan SEO.

Antarmuka Mudah Digunakan

Salah satu keunggulan Ubersuggest adalah antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Pengguna yang baru pertama kali menggunakan Ubersuggest sekalipun tidak akan kesulitan memahami cara mengoperasikan tool ini. Data ditampilkan secara rapi dan terstruktur sehingga mudah dibaca dan dipahami.

Data Akurat dan Terpercaya

Data yang dihasilkan Ubersuggest bersumber langsung dari mesin telusur Google. Oleh karena itu, data tersebut akurat dan terpercaya karena langsung berasal dari sumbernya. Dengan menggunakan data dari Ubersuggest, kita bisa merancang strategi SEO dengan lebih percaya diri.

Fitur Lengkap

Ubersuggest menyediakan beragam fitur lengkap untuk keperluan riset kata kunci. Mulai dari volume pencarian, nilai CPC, tingkat kompetisi, hingga rekomendasi kata kunci baru. Semua fitur ini sangat bermanfaat bagi para SEO untuk menganalisis kata kunci dan merancang strategi konten serta link building.

Kekurangan Ubersuggest

Salah satu kekurangan utama dari Ubersuggest adalah batas analisis keyword yang terbatas bagi pengguna akun gratis. Pengguna gratis hanya bisa melakukan analisis keyword sebanyak 20 kali per proyek. Hal ini tentu kurang ideal bagi mereka yang membutuhkan data keyword dalam jumlah banyak.

Selain itu, Ubersuggest juga hanya bisa menganalisis keyword dalam bahasa Inggris. Alat ini belum mendukung analisis keyword untuk bahasa lainnya seperti bahasa Indonesia, Spanyol, Prancis, dan sebagainya. Ini menjadi kendala bagi mereka yang menargetkan pasar di luar pasar berbahasa Inggris.

Meski demikian, kedua kekurangan di atas bisa diatasi dengan berlangganan paket berbayar Ubersuggest yang menawarkan analisis keyword tak terbatas dan dukungan multi bahasa. Jadi pada intinya, kekurangan-kekurangan tersebut hanya berlaku bagi pengguna gratisnya saja.

Baca Artikel Pentingnya monitoring dalam seo

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Ubersuggest

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari Ubersuggest, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan keyword inti yang relevan - Pastikan memasukkan keyword inti yang benar-benar relevan dengan topik dan tujuan konten Anda. Keyword inti yang tidak spesifik atau terlalu umum bisa menghasilkan banyak saran keyword yang tidak berkualitas.
  • Perhatikan volume pencarian dan intensitas kompetisi - Ubersuggest akan menampilkan estimasi volume pencarian bulanan dan skor kompetisi untuk setiap saran keyword. Pilih keyword dengan volume tinggi dan kompetisi rendah atau sedang untuk hasil optimal. Hindari keyword dengan volume rendah atau kompetisi tinggi.
  • Bandingkan keyword terkait - Ubersuggest memungkinkan membandingkan keyword yang mirip untuk melihat perbedaan volume dan kompetisi. Ini berguna untuk memilih keyword mana yang lebih menjanjikan untuk disasar.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa mendapatkan daftar keyword yang berkualitas tinggi dari Ubersuggest untuk meningkatkan konten dan strategi SEO Anda. pastikan juga terus menguji dan menganalisis keyword untuk hasil maksimal.

Ubersuggest vs Tools Sejenis

Ubersuggest merupakan salah satu dari sekian banyak alat SEO yang populer digunakan oleh pakar SEO profesional untuk keyword research. Beberapa alat sejenis yang sering dibandingkan dengan Ubersuggest adalah:

Ubersuggest vs SEMrush

  • SEMrush lebih lengkap fiturnya karena merupakan suite SEO, sedangkan Ubersuggest fokus pada keyword research.
  • Ubersuggest gratis, sedangkan SEMrush berbayar.
  • Data SEMrush lebih akurat dan lengkap karena crawler sendiri, sedangkan Ubersuggest mengandalkan data Google.
  • Fitur keyword research Ubersuggest lebih mudah digunakan daripada SEMrush.

Ubersuggest vs Ahrefs

  • Sama seperti SEMrush, Ahrefs juga suite SEO yang lebih lengkap dari Ubersuggest.
  • Ubersuggest gratis, Ahrefs berbayar mahal.
  • Cakupan data Ahrefs sangat luas, meliputi backlinks dan konten. Ubersuggest hanya fokus keyword.
  • Keakuratan data Ahrefs di atas Ubersuggest karena crawler sendiri.

Ubersuggest vs Google Keyword Planner

  • Google Keyword Planner gratis, tapi harus punya akun Adwords. Ubersuggest gratis tanpa syarat.
  • Data keyword planner terbatas jika tidak punya iklan Adwords. Ubersuggest tidak ada batasan.
  • Antarmuka Keyword Planner sedikit ribet, Ubersuggest lebih user friendly.
  • Keyword ideas Ubersuggest lebih banyak daripada Keyword Planner.

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa Ubersuggest cocok digunakan oleh SEO pemula karena gratis dan mudah digunakan. Sedangkan tool sejenis seperti SEMrush dan Ahrefs lebih cocok untuk SEO professional karena data lebih lengkap meski berbayar mahal.

Baca Artikel tentang schema markup

Biaya Berlangganan Ubersuggest

Ubersuggest menawarkan 3 paket berlangganan dengan harga dan fitur yang berbeda, yaitu:

Harga Paket Pro dan Enterprise

  • Paket Pro - Paket Pro merupakan paket berbayar bulanan dengan harga $29 per bulan. Paket ini cocok untuk pemilik bisnis kecil dan pemula.
  • Paket Enterprise - Paket Enterprise merupakan paket berbayar tahunan dengan harga $99 per bulan atau $999 per tahun. Paket ini cocok untuk perusahaan besar dan profesional SEO.

Metode Pembayaran

Pembayaran langganan Ubersuggest dapat dilakukan dengan kartu kredit (Visa, Mastercard, American Express, Discover), PayPal, transfer bank, dan metode pembayaran online lainnya.

Pembayaran dikenakan secara otomatis setiap bulan atau setiap tahun sesuai dengan paket berlangganan yang dipilih.

Durasi Berlangganan

  • Paket Pro berlangganan per bulan dan dapat dibatalkan kapan saja.
  • Paket Enterprise berlangganan per tahun dan tidak dapat dibatalkan sebelum masa berlangganan berakhir.

Dengan demikian, Ubersuggest menyediakan pilihan paket berlangganan yang fleksibel dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan berbagai skala bisnis.

Kesimpulan

Ubersuggest adalah sebuah alat SEO yang canggih untuk menemukan ide topik dengan menampilkan rekomendasi kata kunci dan riset kompetitor. Ubersuggest menawarkan berbagai fitur berguna, seperti pencarian kata kunci, riset kompetitor, analisis backlink, dan tracking posisi SERP.

Manfaat utama menggunakan Ubersuggest adalah kemampuannya untuk melakukan riset kata kunci dan analisis kompetitor secara mendalam. Fitur pencarian kata kuncinya sangat lengkap, mulai dari volume pencarian, nilai CPC, tingkat kesulitan SEO, hingga ide data longtail yang spesifik. Ubersuggest juga bisa melacak peringkat situs kompetitor di SERP berdasarkan kata kunci tertentu.

Kelebihan Ubersuggest dibanding tools sejenis adalah kecepatan crawling data yang sangat baik, sehingga informasi yang ditampilkan selalu uptodate. Integrasi dengan MozBar memungkinkan melakukan analisis on page langsung dari browser. Ubersuggest juga menyediakan fasilitas tracking posisi SERP harian.

Secara keseluruhan, Ubersuggest sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh SEO, pemasar konten, blogger, dan pengusaha online untuk riset kata kunci. Dengan memanfaatkan fitur lengkap Ubersuggest, Anda bisa mendapatkan ide topik dan kata kunci yang relevan, menganalisis pesaing, hingga meningkatkan optimasi konten. Gunakanlah Ubersuggest secara rutin agar konten Anda selalu teroptimasi dengan kata kunci yang tepat.

Untuk pelaku usaha yang ingin melakukan optimasi seo website bisnis nya, Roofel, sebagai Jasa SEO yang terbukti efektif siap membantu website anda masuk halaman 1 search engine seperti Google.