Apa itu Organic Traffic dan Cara Mendapatkan

Yuda Prima Jasa
Apa itu Organic Traffic dan Cara Mendapatkan

Organic traffic adalah trafik atau pengunjung web yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, dsb secara gratis atau tanpa biaya iklan.


Apa itu Organic Traffic?

Organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Organic traffic juga sering disebut sebagai unpaid traffic atau natural traffic karena didapatkan secara gratis melalui hasil pencarian alami di mesin pencari tanpa melalui iklan berbayar.

Organic traffic sangat penting bagi website karena:

  • Organic traffic bersifat gratis dan terus menerus mengalir selama konten website relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna. Tidak perlu membayar iklan untuk mendapatkannya.
  • Pengunjung dari organic traffic cenderung lebih tertarik dan engaged dengan konten website karena mereka secara aktif mencari informasi tersebut di mesin pencari.
  • Meningkatkan organic traffic dapat membantu menurunkan biaya perakuisisi pengunjung dari iklan berbayar.
  • Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian, semakin banyak organic traffic yang didapat. Ini menunjukkan konten website relevan dan berkualitas di mata mesin pencari.
  • Organic traffic yang tinggi menunjukkan popularitas dan autoritas website di mata mesin pencari.

Maka dari itu, setiap website harus fokus untuk mendapatkan dan meningkatkan organic trafffic agar dapat sustain dan skalabel secara bisnis dalam jangka panjang. Kita bisa meningkatkan organic traffic secara mandiri atau menggunakan jasa SEO berpengelaman untuk meningkatkan organic traffic

Perbedaan Organic dan Non Organic Traffic

Organic dan non-organic traffic memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah perbedaan utama di antara keduanya:

  • Organic traffic merupakan pengunjung yang datang ke situs web secara alami, tanpa biaya promosi apa pun. Organic traffic diperoleh melalui mesin pencari seperti Google atau sosial media. Organic traffic datang ke situs web karena konten yang relevan dan berkualitas tinggi.
  • Non-organic traffic merujuk pada pengunjung yang datang melalui iklan berbayar atau promosi. Non-organic traffic termasuk pengunjung dari iklan Google Adwords, media sosial berbayar, email marketing berbayar, dan bentuk promosi lainnya. Non-organic traffic membutuhkan investasi dalam bentuk uang untuk promosi.

Contoh organic traffic adalah pengunjung yang menemukan situs web melalui hasil pencarian Google atau pengunjung yang datang dari postingan viral di media sosial. Sedangkan contoh non-organic traffic adalah pengunjung dari klik iklan Facebook Ads atau pengunjung yang datang dari email blast berbayar.

Keduanya memiliki peran penting dalam strategi website traffic. Organic traffic membantu meningkatkan kredibilitas dan non-organic traffic memungkinkan pertumbuhan dengan cepat. Oleh karena itu, kombinasi organic dan non-organic traffic sangat dianjurkan untuk performa website yang optimal.

Cara Mendapatkan Organic Traffic

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang SEO Specialist untuk mendapatkan organic traffic, diantaranya:

Melakukan Optimasi SEO On-page

Optimasi SEO on-page adalah optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi on-page antara lain:

  • Gunakan kata kunci yang relevan pada judul, subjudul, dan konten halaman website. Ini akan membantu mesin pencari mengindentifikasi topik dari halaman tersebut.
  • Buat konten yang unik, berkualitas, dan bermanfaat untuk pengunjung. Konten yang baik akan membuat pengunjung betah di website dan mendorong mereka untuk kembali lagi.
  • Perhatikan struktur dan hierarki konten agar mudah dibaca dan dimengerti pengunjung. Gunakan subjudul, poin-poin, dan lainnya.
  • Optimalkan gambar dengan menambahkan alt text dan caption yang mendeskripsikan gambar.
  • Buat sitelink untuk setiap halaman agar pengunjung bisa menjelajah website dengan mudah.

Melakukan Optimasi SEO Off-page

Optimasi off-page berfokus pada optimasi di luar website, seperti:

  • Dapatkan backlink alami dari website lain yang berkualitas dan relevan dengan topik website Anda. Backlink membantu meningkatkan domain authority website.
  • Lakukan promosi di media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan kunjungan website.
  • Buat konten seperti artikel di website lain yang relevan untuk mendapat backlink. Pastikan kontennya berkualitas.
  • Daftarkan website di direktori dan bookmarking site agar lebih dikenal mesin pencari.
  • Bangun hubungan baik dengan influencer atau komunitas terkait untuk mendapatkan backlink dan kunjungan.

Menyediakan Konten Berkualitas

Konten unik dan berkualitas tinggi sangat penting untuk mendatangkan organic traffic. Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Konten harus memberikan nilai dan manfaat bagi pembaca.
  • Gunakan data dan fakta akurat di konten Anda.
  • Konten harus up to date dan relevan dengan topik.
  • Gunakan gaya penulisan yang enak dibaca dengan struktur yang jelas.
  • Konten panjang lebih disukai mesin pencari daripada konten pendek.

Dengan menerapkan ketiga hal di atas, Anda bisa secara konsisten mendapatkan organic traffic untuk website. Butuh usaha dan kesabaran karena organic traffic membutuhkan waktu untuk terbangun.

Organic traffic memberikan beberapa manfaat penting bagi pemilik situs web dan bisnis online, di antaranya:

  • Lebih relevan - Pengunjung organik datang ke situs web karena mereka secara spesifik mencari produk atau informasi yang ditawarkan. Ini membuat mereka menjadi prospek yang sangat relevan dan berpeluang tinggi untuk mengubah kunjungan menjadi konversi.
  • Biaya rendah - Tidak seperti iklan berbayar yang memerlukan anggaran untuk setiap klik, organic traffic bisa didapatkan secara gratis melalui optimasi SEO dan konten yang berkualitas. Hal ini sangat mengurangi biaya perolehan pelanggan baru.
  • Brand awareness - Dengan menempati peringkat teratas di mesin pencari untuk kata kunci yang relevan, bisnis bisa meningkatkan kesadaran merek dan otoritasnya di mata pengguna internet. Ini sangat berharga untuk membangun kepercayaan.
  • ROI jangka panjang - Meskipun butuh waktu dan usaha untuk mendapatkan organic traffic, namun ini memberikan ROI jangka panjang karena trafficnya stabil dan berkelanjutan selama kualitas konten terjaga. Tidak seperti iklan berbayar yang berhenti begitu dana habis.

Dengan memaksimalkan organic traffic melalui konten dan SEO yang baik, bisnis online bisa mendapatkan prospek pelanggan berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Manfaat jangka panjangnya sangat besar untuk pertumbuhan bisnis.

Strategi Meningkatkan Organic Traffic

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan organic traffic, diantaranya:

Riset Kata Kunci

Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan topik konten Anda. Pilih kata kunci yang populer dicari oleh pengguna, tetapi tidak terlalu kompetitif. Kata kunci yang tepat akan mengarahkan pengguna yang ingin mencari informasi terkait ke konten Anda.

Optimasi Konten

Optimalkan konten dengan mencantumkan kata kunci yang telah diteliti pada tempat yang relevan, seperti judul, subjudul, paragraf pertama, dan sebagainya. Konten yang teroptimasi dengan baik untuk kata kunci yang ditargetkan akan lebih mudah ditemukan mesin pencari.

Bangun backlink berkualitas tinggi yang mengarah ke konten Anda dari website lain. Backlink dari website otoritatif akan membantu meningkatkan peringkat konten di mesin telusur. Fokuskan backlink dari situs sejenis dan hindari teknik manipulatif.

Analisis Data

Pantau dan analisis data organic traffic seperti jumlah kunjungan, kata kunci mana yang paling banyak mengarahkan trafik, dan sebagainya. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics. Data ini berguna untuk melihat efektivitas strategi optimasi konten dan kata kunci yang digunakan. Lakukan penyesuaian jika perlu untuk terus meningkatkan organic traffic.

Alat Bantu Organic Traffic

Ada beberapa alat yang dapat membantu meningkatkan dan mengukur organic traffic. Berikut adalah beberapa alat bantu populer:

Google Analytics

Google Analytics adalah alat analitik web paling populer. Alat ini menyediakan data mendetail tentang lalu lintas dan perilaku pengunjung website. Google Analytics bisa melacak asal lalu lintas organik dan mengukur seberapa banyak pengunjung dari hasil pencarian organik.

SEMrush

SEMrush adalah alat SEO yang menyediakan data lengkap tentang kata kunci yang ditargetkan. Dengan SEMrush, Anda bisa melacak peringkat kata kunci, melihat trafik organik potensial, dan mendapatkan ide kata kunci baru. SEMrush juga bisa digunakan untuk analisis pesaing.

Ahrefs

Ahrefs mirip dengan SEMrush, menyediakan data SEO yang komprehensif. Selain melacak peringkat dan volume kata kunci, Ahrefs bisa digunakan untuk analisis backlink dan mencari peluang backlink baru. Data ini berguna untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik.

Moz

Moz menyediakan alat canggih untuk analisis kata kunci dan backlink. Moz Keyword Explorer bisa digunakan untuk riset kata kunci, sedangkan MozBar memberikan data page authority dan domain authority yang penting untuk SEO.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat perencanaan kata kunci resmi dari Google. Alat ini menunjukkan data volume pencarian dan persaingan untuk kata kunci yang ditargetkan. Keyword Planner sangat berguna untuk menemukan kata kunci baru yang sesuai dengan topik konten Anda.

Dengan menggabungkan alat-alat ini, Anda bisa mendapatkan data lengkap untuk membantu meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik website. Gunakan data ini untuk membuat strategi konten dan optimasi yang tepat sasaran.

Tantangan Mendapatkan Organic Traffic

Mendapatkan organic traffic bukanlah hal yang mudah, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, diantaranya:

  • Persaingan yang ketat - Saat ini banyak sekali website yang berlomba-lomba mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google. Semakin banyak pesaing, semakin sulit untuk bersaing mendapatkan organic traffic.
  • Memakan waktu yang lama - Mengejar organic traffic bukanlah proses instan, melainkan marathon. Optimasi SEO dan konten website memerlukan usaha yang konsisten dan berkelanjutan agar Peningkatan peringkat website di search engine terus membaik secara bertahap.
  • Perubahan algoritma Google - Google selalu memperbarui algoritma pencarian mereka, sehingga taktik SEO yang bekerja hari ini bisa jadi tidak efektif lagi di masa mendatang. Website perlu selalu mengikuti perkembangan terbaru agar tidak ketinggalan.

Menghadapi tantangan-tantangan tersebut diperlukan strategi yang tepat dan tekun agar website bisa mendapatkan organic traffic yang berkualitas dan konsisten dari mesin pencari.

Cara Mengukur Organic Traffic

Salah satu cara terbaik untuk mengukur organic traffic adalah dengan menggunakan Google Analytics. Google Analytics merupakan alat analitik gratis yang disediakan oleh Google untuk melacak dan memonitor lalu lintas situs web Anda.

Melalui Google Analytics, Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang berasal dari hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya. Untuk melihat data organic traffic, Anda perlu:

  1. Masuk ke akun Google Analytics Anda
  2. Klik menu Acquisition > Channels
  3. Di bagian Channels, Anda akan melihat Organic Search sebagai salah satu sumber lalu lintas. Di sana Anda bisa melihat jumlah pengunjung, sesi, tingkat pantauan halaman, dan metrik penting lainnya untuk organic search.
  4. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke menu Acquisition > All Traffic > Source/Medium. Di sana akan tercantum Organic Search beserta rincian jumlah pengunjung dari mesin pencari mana saja.
  5. Untuk melihat kata kunci organik mana yang paling banyak menghasilkan trafik, Anda bisa masuk ke menu Acquisition > Search Console > Queries. Di sana akan terlihat daftar kata kunci beserta jumlah klik dan impresi masing-masing.

Dengan menggunakan data organic traffic di Google Analytics, Anda bisa memantau perkembangan trafik organik situs web Anda dari waktu ke waktu. Ini sangat berguna untuk mengukur efektivitas optimasi SEO yang telah dilakukan.

Optimasi Konten untuk Organic Traffic

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan organic traffic adalah dengan mengoptimalkan konten Anda. Berikut beberapa tips untuk optimasi konten:

  • Topik Relevan - Pastikan konten Anda relevan dengan topik yang ingin Anda targetkan. Riset kata kunci yang tepat dan tentukan topik yang paling sesuai. Konten yang relevan dengan pencarian pengunjung akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • Informasi Berkualitas - Berikan informasi berkualitas dan detail di setiap artikel. Konten yang berkualitas dan memberikan nilai tambah kepada pembaca akan membuat mereka kembali ke situs Anda. Sediakan tips, panduan, analisis, data, dan lainnya yang berguna bagi pembaca.
  • SEO On Page - Lakukan optimasi on page seperti penggunaan kata kunci di title tag, meta description, heading, alt text, URL, dan konten. Ini akan membantu mesin pencari memahami topik konten Anda. Gunakan kata kunci secara alami dan hindari over-optimisasi.
  • Backlink - Dapatkan backlink dari situs lain yang berkualitas dan relevan dengan topik Anda. Backlink dari sumber terpercaya akan membantu meyakinkan Google bahwa konten Anda layak untuk peringkat tinggi. Bangun backlink secara bertahap dan alami.

Dengan mengoptimalkan konten dari sisi relevansi, kualitas, SEO, dan backlink, Anda dapat secara efektif meningkatkan organic traffic ke situs. Pastikan untuk selalu memonitor dan meningkatkan kualitas konten seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan

Organic traffic sangat penting bagi bisnis online karena dapat memberikan peningkatan visibility dan konversi tanpa harus mengeluarkan biaya iklan. Beberapa manfaat organic traffic antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness secara alami
  • Membangun trust dan kredibilitas bisnis
  • Biaya rendah dibanding iklan berbayar
  • Traffic yang berkualitas dan relevan dengan bisnis

Untuk meningkatkan organic traffic, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Optimize konten website untuk kata kunci yang relevan
  • Publish konten berkualitas dan update secara rutin
  • Bangun backlink dari website berautoritas tinggi
  • Perbaiki kecepatan loading dan optimasi on-page website
  • Aktif di social media untuk meningkatkan engagement
  • Analisa data traffic secara berkala untuk evaluasi

Dengan menerapkan strategi yang tepat, organic traffic dapat menjadi pemasaran gratis yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan konversi bisnis online. Konten dan optimasi yang berkelanjutan sangat penting agar trafik organik terus meningkat secara alami.

Jika anda mengalami kesulitan dalam mengoptimasi website agar bisa mendatangkan traffic organic maksimal, anda bisa menggunakan jasa SEO profesional di Jogja