Backlink Adalah? Pengertian, Jenis dan Cara optimasi Backlink | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Backlink Adalah? Pengertian, Jenis dan Cara optimasi Backlink

Backlink adalah tautan yang mengarah dari satu halaman web ke halaman web kita. Baca tutorial lengkap tentang jenis, dan cara mendapatkan backlink berkualitas.


Backlink adalah tautan dari website lain yang mengarah ke website Anda. Fungsi Backlink dalam optimasi SEO profesional adalah memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa website Anda bernilai dan terpercaya. Backlink merupakan bagian dari teknik Off Page SEO

  • Mempercepat Peningkatan peringkat website di mesin pencari.
  • Berfungsi sebagai "dukungan positif" atau "endorsment" dari website lain bagi kredibilitas website anda.
  • Meningkatkan Authority website dan kesadaran akan merek (brand awareness).
  • Meningkatkan traffic organic ke website.

Agar tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan website anda terkena penalti Google, ada baiknya ada belajar dan memahami apa itu Search engine optimization lebih komprehensif agar tidak membangun backlink dengan asal.

a. Natural Links (Link Alami)

Link yang diperoleh secara alami tanpa Anda harus memintanya. Biasanya, ini terjadi ketika konten Anda dianggap sangat berharga oleh situs lain sehingga mereka menautkannya secara sukarela.

b. Manual Links (Link Manual)

Link yang diperoleh melalui usaha aktif seperti guest posting, outreach email, atau meminta pemilik situs lain untuk menautkan ke konten Anda.

c. Self-Created Links (Link Buatan Sendiri)

Link yang Anda buat sendiri, misalnya dengan meninggalkan komentar di blog atau forum yang menyertakan tautan kembali ke situs Anda. Ini termasuk di antaranya tautan di profil pengguna, tanda tangan forum, atau direktori web.

a. DoFollow Links

Link yang memberikan "link juice" atau otoritas dari situs yang menautkan ke situs yang ditautkan, yang dapat membantu meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

b. NoFollow Links

Link yang tidak memberikan "link juice". Google tidak mengikuti tautan ini untuk tujuan penilaian peringkat. Ini sering digunakan di komentar blog, forum, dan beberapa direktori untuk mencegah spam.

a. High-Quality Backlinks (Link Berkualitas Tinggi)

Link dari situs web yang memiliki otoritas tinggi, relevansi, dan trafik yang baik. Misalnya, link dari situs berita terkenal, universitas, atau blog industri yang populer.

b. Low-Quality Backlinks (Link Berkualitas Rendah)

Link dari situs yang memiliki otoritas rendah atau dianggap spam oleh mesin pencari. Ini bisa termasuk link dari direktori link gratis, situs konten berkualitas rendah, atau situs yang melanggar pedoman mesin pencari.

a. Contextual Backlinks

Link yang ditempatkan dalam konten utama suatu halaman, seperti di dalam artikel atau posting blog. Link ini dianggap lebih berharga karena relevansinya dengan konten di sekitarnya.

b. Sidebar dan Footer Links

Link yang ditempatkan di sidebar atau footer suatu halaman web. Meskipun tidak seberharga contextual backlinks, mereka masih bisa bermanfaat tergantung pada otoritas situs tersebut.

a. Editorial Backlinks

Link yang secara editorial ditempatkan oleh penulis atau editor tanpa diminta. Biasanya terjadi ketika konten Anda diakui sangat berguna atau informatif.

b. Guest Post Backlinks

Link yang diperoleh melalui artikel tamu yang Anda tulis untuk situs lain. Ini adalah metode yang umum digunakan dalam strategi link building manual.

c. Forum Backlinks

Link yang diperoleh melalui partisipasi aktif di forum-forum online yang relevan dengan industri Anda. Ini biasanya ditempatkan di tanda tangan forum atau dalam posting yang relevan.

d. Blog Comment Backlinks

Link yang ditempatkan dalam komentar blog. Biasanya menggunakan atribut nofollow dan dianggap kurang berharga dari segi SEO.

e. Direktori:

Mendaftarkan situs web Anda di direktori online untuk mendapatkan tautan balik.

f. Social bookmarking:

Menyimpan dan berbagi tautan ke situs web Anda di situs social bookmarking.

g. Website Profile:

backlink yang dibuat di website lain dalam bentuk profile bisnis anda dengan menyertakan link, nama bisnis, alamat dan lain nya yang terkait dengan bisnis anda.

Contoh Gambar Backlink Website profile :

contoh backlink dari website profile

h. Testimonial Submission:

Mengirimkan testimoni atau ulasan positif tentang produk atau layanan yang mencakup tautan kembali ke situs Anda ke situs web yang relevan.

a. Infographic Backlinks

Link yang diperoleh dengan membagikan infografis yang menarik dan informatif. Orang lain menautkan ke situs Anda karena infografis yang Anda buat.

b. Video Backlinks

Link yang diperoleh melalui konten video, misalnya dari deskripsi video di YouTube yang menautkan kembali ke situs Anda atau embed video Anda di situs lain.

c. Resource Backlinks

Link dari halaman sumber daya yang mencantumkan konten atau situs Anda sebagai referensi yang berguna.

d. Press Release Backlinks

Link yang diperoleh melalui rilis pers yang dipublikasikan di situs berita atau situs distribusi rilis pers.

e. PDF Sharing:

Membuat dan membagikan dokumen PDF yang berisi tautan kembali ke situs Anda di platform berbagi dokumen.

Contoh Gambar Backlink dari website PDF Share :

Contoh gambar website untuk backlink pdf share

a. Reciprocal Links (Link Timbal Balik)

Link yang terjadi ketika dua situs setuju untuk saling menautkan. Meskipun ini bisa berguna, terlalu banyak link timbal balik dapat dianggap manipulatif oleh mesin pencari.

b. Paid Links (Link Berbayar)

Link yang diperoleh dengan membayar pemilik situs lain. Ini melanggar pedoman mesin pencari seperti Google, yang dapat menyebabkan penalti jika terdeteksi.

Baca Artikel Tips Meningkatkan Otoritas Web dengan Backlink

Di bawah ini adalah beberapa contoh backlink berkualitas tinggi yang sering di gunakan oleh jasa SEO di Indonesia untuk meningkatkan Authority web

  • Backlink dari website terkemuka dan berotoritas tinggi di bidang Anda.
  • Backlink yang relevan dari konten yang terkait erat dengan topik website Anda.
  • Backlink dari website dengan profil backlink yang natural dan organik.

1. Link building alami

Cara paling alami untuk mendapatkan backlink adalah dengan membangun hubungan dan berkontribusi secara aktif di komunitas atau industri yang relevan. Misalnya dengan aktif berkomentar di forum, menulis Guest Post, berpartisipasi dalam acara online, dan lain-lain. Backlink yang didapatkan secara alami cenderung lebih berkualitas.

Baca Artikel tentang Apa itu link building dan manfaat nya

  • Fokus pada relevansi dan kualitas konten: Buat konten yang bernilai dan informatif untuk menarik backlink secara alami.
  • Bangun backlink secara alami: Hindari taktik backlink yang agresif atau dianggap spam.
  • Pantau dan analisis backlink: Periksa profil backlink Anda secara teratur dan atasi tautan berkualitas rendah.

2. Mencantumkan website di direktori terkait

Mencantumkan website Anda di direktori seperti Google My Business, komunitas industri, dan direktori local lainnya dapat membantu mendapatkan backlink berkualitas. Pastikan direktori yang digunakan relevan dengan topik dan niche website Anda.

3. Kolaborasi konten

Mengajak website lain untuk berkolaborasi konten bisa menghasilkan backlink berkualitas tinggi. Misalnya dengan menulis artikel bersama atau melakukan link swap. Pilih website yang sesuai dengan topik Anda dan sudah memiliki authorty yang bagus.

Untuk membuat konten atau artikel yang berkualitas dan bisa diterima pemilik website, anda bisa menggunakan jasa freelancer pembuatan artikel atau mulai belajar cara membuat artikel SEO yang berkualitas dan menarik.

4. Aktif di forum & komunitas

Dalam Backlink Building Berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi bermanfaat di forum dan komunitas terkait dapat secara alami menghasilkan backlink ke website Anda. Pastikan forum yang diikuti relevan dengan niche website agar backlink yang didapat berkualitas.

5. Buat konten berkualitas

Membuat konten unik dan berkualitas tinggi dapat menarik orang lain untuk secara natural melink ke konten Anda. Fokus untuk memberikan nilai dan informasi bermanfaat kepada pembaca.

6. Optimasi Anchor Text

Anchor Text merupakan salah satu foktor yang perlu anda perhatikan saat membangun link building, Penggunaan anchor text yang asal bisa dinilai spam oleh mesin pencari.

Memonitor backlink yang menuju ke situs Anda secara rutin adalah kunci untuk memastikan bahwa profil backlink Anda tetap sehat dan berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memonitor backlink:

  • Google Search Console - tempat terbaik untuk melihat daftar backlink yang diketahui Google. Cocok untuk mengecek jumlah backlink, anchor text, dan pages yang merujuk ke situs Anda.
  • Ahrefs- tools SEO populer yang menyediakan data backlink lengkap. Bisa digunakan untuk analisis kualitas dan melihat pesaing.
  • Majestic- serupa dengan Ahrefs, menyediakan data backlink yang komplit, Majestic merupakan salah satu Tools yang banyak digunakan oleh jasa SEO untuk mempermudah pekerjaan mereka.
  • Moz- menyediakan informasi domain rating dan page authority berguna untuk analisis.
  • Semrush sebuah platform analitik komprehensif yang digunakan oleh para profesional SEO untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja Optimasi mereka.

Baca Artikel tentang Organic Search

Profil backlink yang buruk dapat membuat website Anda terkena sanksi dari mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki profil backlink dengan menghapus link buruk.

Ada dua cara untuk memperbaiki profil backlink:

  1. Menghapus link buruk secara manual
  • Identifikasi situs web yang menaut ke situs Anda tapi dianggap berisiko oleh Google. Bisa menggunakan alat analisis backlink.
  • Hubungi webmaster situs tersebut dan minta agar menghapus backlink ke situs Anda. Jelaskan alasannya agar mereka mengerti.
  • Lakukan secara rutin dan berkala untuk membersihkan profil backlink. Pastikan link buruk sudah dihapus sepenuhnya.
  1. Mengajukan disavow file ke Google
  • Buat file disavow berisi daftar domain yang ingin Anda batalkan linknya.
  • File disavow dikirim ke Google melalui Google Search Console.
  • Google akan memproses file disavow dalam beberapa minggu. Link dari domain tersebut tidak akan dianggap lagi.
  • Lakukan secara berkala jika muncul banyak link buruk baru. Tetap lakukan juga penghapusan link secara manual.

Dengan membersihkan link buruk, profil backlink situs akan lebih sehat dan terhindar dari sanksi Google. Lakukan monitoring backlink secara rutin agar dapat segera bertindak jika muncul link buruk baru.

Baca Artikel tentang Teknik Backlink skyscraper

Tanda-tanda Backlink Berkualitas Rendah

  • Backlink dari website yang tidak relevan atau berisi spam.
  • Tautan dari website dengan profil backlink yang tidak wajar atau mencurigakan.
  • Backlink dari website dengan kualitas konten yang buruk atau otoritas domain rendah.
  • Link dari situs web spam atau berbahaya
  • Link dari halaman dengan konten copy-paste
  • Link dari halaman dengan banyak iklan dan low quality content
  • Link dari situs yang sudah tidak aktif Backlink seperti ini justru akan merugikan SEO, sehingga sebaiknya di-disavow agar tidak diperhitungkan Google.

Baca Artikel Tentang tips memilih jasa backlink

Identifikasi Backlink Berkualitas Rendah

  • Gunakan alat analisis backlink untuk mengenali tautan yang mencurigakan.
  • Tinjau profil backlink Anda secara manual untuk temukan website yang tidak relevan atau berkualitas rendah.
  • Pantau profil backlink Anda dari lonjakan tiba-tiba pada tautan yang tidak wajar.

Kesalahan Yang Harus Dihindari

Beberapa taktik backlink yang harus dihindari karena dapat membahayakan SEO Anda, antara lain:

Membeli backlink dari sumber tidak jelas umumnya merupakan praktik yang buruk. Situs berisi backlink berbayar biasanya menggunakan taktik manipulatif yang dapat merusak peringkat Anda. Backlink harus diperoleh secara alami melalui konten berkualitas dan outreach, bukan dibeli.

Link schemes seperti membuat rantai situs yang saling terhubung satu sama lain dapat terdeteksi oleh Google. Jangan menciptakan backlink dengan skema yang jelas-jelas dimaksudkan untuk memanipulasi algoritma pencari.

Baca Artikel tentang Algoritma Google Penguin dan pengaruhnya terhadap backlink

Link spamming adalah praktik mengirimkan komentar spam berisi link ke banyak situs untuk mendapatkan backlink. Ini merupakan metode yang tidak disukai dan berisiko. Hindari melakukan spam backlink.

Link farming adalah membuat banyak situs dengan tujuan utama saling berlink satu sama lain. Meskipun ini pernah efektif, Google kini pandai mendeteksi dan menghukum link farm. Jadi ini bukan cara yang disarankan untuk mendapatkan backlink.

Backlink sangat penting untuk SEO, namun optimasi on-page SEO juga perlu dilakukan agar backlink bekerja secara maksimal.