Cara Perhitungan Rumus PageRank SEO | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Cara Perhitungan Rumus PageRank SEO

ageRank adalah algoritma yang mengukur pentingnya halaman web berdasarkan tautan yang masuk. Perhitungan PageRank dilakukan secara iteratif dan memperhitungkan faktor peluruhan.


Cara Perhitungan PageRank

Mari kita jelaskan lebih rinci cara perhitungan PageRank berdasarkan rumus yang telah dituliskan di atas:

Rumus PageRank

Deskripsi gambar

Penjelasan Komponen-Komponen Rumus

Faktor Peluruhan (( d )):

Faktor peluruhan ( d ) adalah probabilitas bahwa seorang surfer acak akan mengikuti tautan dari halaman yang sedang dikunjungi ke halaman lain. Sebaliknya, ( 1-d ) adalah probabilitas bahwa surfer tersebut akan melompat ke halaman acak mana pun di web.

Total Jumlah Halaman (( N )):

( N ) adalah total jumlah halaman dalam indeks mesin pencari. Ini berkontribusi pada distribusi PageRank awal dan memastikan bahwa semua halaman memiliki probabilitas dasar yang sama untuk dilompati.

Tautan Masuk tautan-masuk:

Komponen ini adalah penjumlahan dari semua PageRank halaman yang memiliki tautan ke halaman ( P ). Setiap nilai PageRank dari halaman ( P_i ) dibagi dengan jumlah tautan keluar dari halaman ( P_i ) (L(P_i)), yang menunjukkan distribusi PageRank dari halaman ( P_i ) ke semua halaman yang ditautkannya.

Langkah-Langkah Perhitungan PageRank

Untuk menghitung PageRank, kita biasanya mengikuti beberapa langkah iteratif karena PageRank dari sebuah halaman tergantung pada PageRank halaman-halaman lain yang terhubung dengannya. Berikut adalah langkah-langkah yang lebih detail:

Inisialisasi PageRank:

Awalnya, semua halaman diberikan PageRank yang sama. Misalnya, jika ada ( N ) halaman, setiap halaman ( P ) diberikan PageRank awal ( \frac{1}{N} ).

Iterasi Penghitungan:

Dalam setiap iterasi, PageRank baru dari setiap halaman dihitung berdasarkan PageRank dari halaman-halaman lain yang menautkannya. Gunakan rumus:

[ PR(P){\text{baru}} = \frac{1-d}{N} + d \left( \sum^{n} \frac{PR(P_i)}{L(P_i)} \right) ]

PageRank yang baru dihitung ini menggantikan PageRank sebelumnya.

Pengulangan Hingga Konvergensi:

Langkah iterasi dilakukan berulang kali hingga perubahan PageRank antar iterasi sangat kecil (mencapai konvergensi). Ini biasanya berarti perbedaan PageRank kurang dari suatu nilai kecil yang ditentukan (misalnya, 0.0001).

Contoh Penghitungan Sederhana

Mari kita ambil contoh sederhana dengan 3 halaman: A, B, dan C.

  • Halaman A memiliki tautan ke halaman B dan C.
  • Halaman B memiliki tautan ke halaman C.
  • Halaman C memiliki tautan ke halaman A.
tautan-masuk

Iterasi ini dilakukan sampai perubahan antara nilai PageRank baru dan lama menjadi sangat kecil, misalnya, kurang dari 0.0001.

Kesimpulan

PageRank adalah algoritma yang mengukur pentingnya halaman web berdasarkan tautan yang masuk. Perhitungan PageRank dilakukan secara iteratif dan memperhitungkan faktor peluruhan, jumlah total halaman, dan distribusi PageRank dari halaman-halaman yang menautkannya. Dengan memahami perhitungan PageRank, pemilik situs web atau pakar SEO bersertifikat dapat mengoptimalkan strategi SEO mereka untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian mesin pencari.