Pentingnya Optimasi Mobile Friendly dalam SEO | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Pentingnya Optimasi Mobile Friendly dalam SEO

94% pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile. Dalam konteks ini, relevansi website yang mobile friendly pun menjadi semakin penting.


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan perangkat mobile menjadi semakin dominan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini pun berdampak pada pola konsumsi internet, dengan 52,2% trafik situs web pada 2018 didominasi oleh perangkat mobile. Di Indonesia sendiri, 94% pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile. Dalam konteks ini, relevansi website yang mobile friendly pun menjadi semakin penting.

Apa Itu Website Mobile Friendly?

Sebuah website dikatakan mobile friendly apabila dapat berfungsi secara optimal pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Website jenis ini dirancang khusus agar dapat menyesuaikan bentuk dan pengalaman pengguna sesuai dengan perangkat mobile yang digunakan. Selain tampilan visual, elemen-elemen lain dalam website seperti ukuran gambar, teks, dan lainnya juga dapat menyesuaikan dengan tampilan di perangkat mobile.

Baca Artikel Tentang Manfaat Speed Optimization dalam SEO

Pentingnya Website Mobile Friendly

  1. Aksesibilitas

Website mobile friendly memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi peningkatan penjualan dan konversi bagi pemilik website.

  1. Kredibilitas dan Kepercayaan

Website mobile friendly dapat memberikan gambaran bahwa suatu brand atau bisnis dapat diakses dengan mudah dan cepat di mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengguna terhadap brand atau bisnis tersebut.

  1. Efektivitas dalam Meningkatkan SEO

Algoritma Google memprioritaskan website yang mobile friendly. Hal ini berarti bahwa website yang mobile friendly memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian Google.

Baca Artikel Tentang Manfaat Landing Page Optimizations

  1. Hemat Biaya dan Mudah Dikelola

Website mobile friendly dapat mengurangi biaya operasional karena tidak perlu dikembangkan pada mobile dan desktop secara terpisah. Selain itu, website ini juga lebih mudah untuk dikelola.

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membuat website yang mobile friendly:

  1. Menerapkan Tata Letak yang Responsif

Tata letak yang responsif akan membuat website Anda dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya.

  1. Mengoptimalkan Kecepatan Website

Kecepatan akses menjadi salah satu faktor penting dalam memastikan kenyamanan pengguna. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kecepatan akses website Anda.

Baca Artikel Tentang Manfaat UX Desain Optimizations

  1. Mengimplementasikan Pop-Up yang Tepat

Pop-up yang muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Oleh karena itu, implementasikan pop-up dengan tepat dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

  1. Menggunakan Viewport Meta Tag

Viewport Meta Tag adalah tag HTML yang berfungsi untuk mengontrol skala ukuran website di berbagai perangkat. Tag ini dapat membantu Anda untuk membuat website yang lebih responsif dan mobile friendly.

  1. Merapikan Desain Website

Desain website yang rapi dan konsisten akan membuat pengguna lebih mudah dalam berinteraksi dengan website Anda.

  1. Menguji Website di Perangkat Seluler

Menguji website di perangkat seluler akan membantu Anda untuk memastikan bahwa website Anda dapat berfungsi dengan baik dan optimal pada perangkat mobile.

  1. Memperbarui Konten dengan Baik

Konten yang terdapat dalam website juga perlu diperhatikan. Pastikan bahwa konten yang Anda sajikan dapat dibaca dengan baik dan memiliki orientasi yang tepat di perangkat mobile.

Baca Artikel Tentang Manfaat On Page dan Technical Optimizations

  1. Menghindari Penggunaan Flash

Flash dapat membuat website Anda menjadi lebih lambat dan terkadang tidak kompatibel dengan perangkat mobile. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan HTML5 dan CSS untuk membuat website Anda menjadi lebih responsif dan mobile friendly.

Penutup

Baca Artikel tentang Pengertian dan manfaat On Page SEO

Website mobile friendly menjadi sangat penting di era digital saat ini. Dengan menerapkan berbagai cara di atas, diharapkan website Anda menjadi lebih optimal dan bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Selain itu, website mobile friendly juga dapat mempengaruhi peningkatan peringkat website di search engine Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan website Anda agar menjadi mobile friendly.