Organic Search adalah? Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Yuda Prima Jasa
Organic Search adalah? Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Organic Search adalah metode yang sangat penting dalam strategi pemasaran online. Dalam artikel ini kita akan bahas engertian Organic Search dan manfaatnya.


Organic Search (Pencarian Organik) adalah proses mendapatkan pengunjung atau traffic ke website Anda melalui hasil pencarian yang muncul secara alami. Website yang muncul di hasil pencarian organik tidak membayar untuk mendapatkan posisi tersebut.

Contohnya, ketika pengguna mengetikkan kata kunci "sepatu wanita" di Google, website Anda dapat muncul di hasil pencarian organik jika Anda telah melakukan optimasi SEO.

Paid Search (Pencarian Berbayar) adalah proses mendapatkan pengunjung ke website Anda melalui iklan berbayar yang muncul di atas hasil pencarian organik.

Pengguna akan diarahkan ke website Anda ketika mereka mengklik iklan tersebut. Contoh Paid Search adalah iklan Google Ads.

Sementara proses optimasi agar website anda masuk di posisi teratas dan mendapatkan pengunjung atau traffic organic ( alami ) disebut search engine optimization (SEO)**, Yaitu proses optimasi yang dilakukan agar website masuk halaman 1 Search Engine

Baca Artikel tentang beda organic search dengan Ads

Manfaat dan Keuntungan Organic Search untuk Website Bisnis

  • Organic search bersifat gratis. Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari. Ini berbeda dengan iklan PPC yang mengharuskan membayar setiap kali iklan diklik.
  • Trafik dari organic search cenderung lebih berkualitas dan relevan. Pengunjung yang datang dari hasil pencarian organik benar-benar mencari produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga lebih mungkin untuk menghasilkan konversi.
  • Meningkatkan peringkat pencarian organik membantu membangun authority dan kepercayaan terhadap website. Pengunjung cenderung lebih percaya pada hasil pencarian di posisi atas.
  • SEO membantu menargetkan kata kunci relevan untuk audiens yang tepat. Optimasi konten dan teknis yang baik akan mengarahkan trafik berkualitas tinggi ke website.
  • SEO merupakan strategi jangka panjang yang berkelanjutan dalam membangun visibilitas dan trafik organik ke website. Setelah mendapatkan posisi bagus di mesin pencari, dampaknya bisa bertahan lama.

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma canggih untuk menentukan peringkat halaman web di hasil pencarian organik. Beberapa faktor utama yang mempengaruhi peringkat halaman web adalah:

  • Relevansi konten - Konten di halaman web harus relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Google menganalisis konten di setiap halaman untuk menentukan seberapa relevan halaman tersebut dengan kueri pengguna.
  • Kualitas konten - Konten berkualitas tinggi dengan informasi asli, detail, dan mendalam lebih disukai Google. Konten harus ditulis untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  • Popularitas halaman - Halaman web yang sering dikunjungi dan memiliki banyak backlink dari domain berkualitas dianggap lebih populer dan mendapat peringkat lebih tinggi.
  • Kecepatan halaman - Halaman web yang lambat dimuat akan diturunkan peringkatnya. Optimasi kecepatan halaman dilakukan dengan mengurangi ukuran gambar, mengoptimasi kode, dan menggunakan hosting yang cepat.
  • Pengalaman penggun - Halaman web yang mudah digunakan di desktop dan perangkat seluler dengan navigasi yang jelas dan konten yang mudah dibaca lebih disukai Google.

Google terus memperbarui algoritmanya dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting bagi pemilik situs web untuk terus mengoptimasi konten dan halamannya agar tetap relevan dan berkualitas tinggi.

2. Cara Meningkatkan Organic Search Menggunakan SEO

Optimasi On-Page

Optimasi on-page adalah teknik optimasi SEO yang berfokus pada elemen di dalam situs web itu sendiri. Beberapa teknik optimasi on-page utama meliputi:

Konten Berkualitas Tinggi

Memiliki konten unik dan berkualitas tinggi adalah kunci utama optimasi on-page. Konten harus informatif, akurat, up-to-date, dan ditulis dengan baik untuk search engine dan pengguna.

Gunakan kata kunci target di dalam konten secara alami dan proporsional. Konten juga perlu direlevansikan dengan topik situs web.

Judul dan Deskripsi Meta

Judul dan deskripsi meta harus menggambarkan konten dengan akurat dan menggunakan kata kunci target. Judul meta idealnya 60-70 karakter sedangkan deskripsi 150-160 karakter. Hindari penggunaan kata kunci berlebihan.

Header Tag

Gunakan header tag (h1, h2, h3, dll) secara logis untuk membagi konten ke dalam seksi-seksi. H1 digunakan untuk judul utama, H2 untuk sub judul, begitu seterusnya. Header tag membantu memperkuat struktur konten.

Optimasi Off-Page

Off-page optimization merupakan teknik optimasi SEO yang berfokus pada faktor-faktor di luar situs web yang mempengaruhi peringkat situs di mesin pencari.

Beberapa strategi utama optimasi off-page meliputi:

Link building adalah teknik mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web Anda. Backlink dari situs tepercaya dan berotoritas tinggi akan membantu Google mempercayai dan memberi bobot lebih tinggi pada situs Anda.

Strategi link building yang efektif mencakup:

  • Mendapatkan backlink editorial alami dari kontributor tamu di situs berita, blog, dan industri terkait.
  • Melakukan outreach secara personal ke situs web terkait dan mengajukan tautan balik ke konten yang relevan.
  • Memberi komentar bermanfaat dengan backlink ke situs web komunitas, forum, dan diskusi terkait topik Anda.
  • Membuat dan berbagi konten berkualitas tinggi yang layak untuk ditautkan oleh orang lain.

Baca Artikel tentang Manfaat link building dalam organic search

Sosial Media

Platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya dapat menjadi sarana link building yang efektif.

Share konten situs web Anda di sosial media untuk mendapatkan backlink dan juga trafik baru.

Pastikan untuk membuat profil lengkap dengan link situs web di semua akun sosial media yang dimiliki.

Konten Viral

Membuat konten viral yang menarik banyak orang untuk membagikan dan menautkannya ke situs web Anda sangat efektif untuk link building.

Konten seperti infografis, daftar, kuis, berita unik, atau video viral memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan backlink berkualitas dari banyak sumber.

Optimalkan konten agar mudah dibagikan di berbagai platform sosial media.

Dengan menerapkan strategi optimasi off-page yang tepat, Anda dapat secara bertahap meningkatkan popularitas situs web di mata Google dan mesin telusur lainnya.

Tracking dan monitoring backlink secara rutin juga penting untuk memastikan keberlangsungan upaya optimasi off-page.

Analisis Kompetitor

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dari optimasi organic search, penting seorang SEO specialist untuk melakukan analisis terhadap para kompetitor utama.

Dengan menganalisis kompetitor, kita bisa mempelajari strategi mereka dan mengidentifikasi peluang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam analisis kompetitor:

  • Identifikasi kompetitor utama di industri atau niche tertentu. Siapa saja merek atau perusahaan yang menawarkan produk/layanan serupa dan bersaing untuk peringkat teratas di mesin pencari.
  • Pelajari kata kunci apa saja yang ditargetkan oleh kompetitor. Kita bisa menggunakan alat keyword research Profesional seperti Ahrefs, SEMrush, atau Google Keyword Planner untuk mendapatkan insight ini.
  • Analisis on-page SEO dari website kompetitor. Lihat bagaimana mereka mengoptimasi konten dan halaman website untuk kata kunci tertentu. Hal ini bisa memberikan ide tentang best practice optimasi on-page.
  • Cek link building dan strategi off-page optimization mereka. Alat seperti Ahrefs dan SEMrush juga berguna untuk melacak dari mana saja backlink menuju ke website kompetitor.
  • Teliti apakah kompetitor melakukan optimasi khusus untuk mobile search. Konten dan pengalaman pengguna yang didesain mobile-friendly sudah menjadi faktor penting dalam peringkat SEO.
  • Pelajari juga strategi content marketing kompetitor. Apakah mereka rutin menerbitkan konten baru? Topik dan format konten apa yang paling banyak dibuat? Hal ini bisa jadi ide konten yang bisa kita buat.

Dengan melakukan analisis komprehensif terhadap strategi kompetitor, kita bisa menentukan celah dan peluang untuk melakukan optimasi konten dan SEO agar bisa mengalahkan kompetitor.

Walau kompetisi sengit, selalu ada ruang bagi merek dan bisnis baru untuk merangkak naik dengan strategi dan eksekusi yang tepat.

Kata Kunci

Kata kunci adalah salah satu faktor terpenting dalam optimasi organic search. Menentukan kata kunci utama yang relevan dan bervolume tinggi sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas organik berkualitas tinggi.

Penelitian Kata Kunci

Penelitian kata kunci perlu dilakukan secara menyeluruh agar dapat mengidentifikasi frasa pencarian yang paling banyak digunakan pengguna saat mencari produk atau layanan yang ditawarkan.

  1. Kata kunci yang bervolume tinggi namun relevansi rendah perlu dihindari agar konten tetap fokus pada topik utama.
  2. Beberapa alat yang bisa digunakan untuk riset kata kunci antara lain Google Keyword Planner, SEMrush, dan Ahrefs.

Volume Pencarian

Volume pencarian mengacu pada seberapa sering sebuah kata kunci dicari dalam kurun waktu tertentu. Kata kunci dengan volume pencarian tinggi menunjukkan bahwa banyak orang mencari frasa tersebut. Namun, volume pencarian tinggi belum tentu berarti relevansi tinggi. Oleh karena itu, perlu dicari keseimbangan antara volume dan relevansi ketika memilih kata kunci.

Nilai Kata Kunci

  1. Nilai kata kunci ditentukan oleh relevansi dan volume pencariannya.
  2. Kata kunci dengan nilai tinggi umumnya memiliki volume pencarian yang tinggi dan sangat relevan dengan topik yang ingin dioptimasi.
  3. Kata kunci nilai tinggi harus menjadi fokus utama optimasi konten agar dapat meraih peringkat teratas di halaman hasil pencarian.

Pengalaman Pengguna

Kecepatan situs web, responsivitas, dan kemudahan navigasi sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik. Pengguna zaman sekarang tidak sabar dan cenderung meninggalkan situs yang lambat atau sulit untuk dinavigasi.

Beberapa tips untuk meningkatkan pengalaman pengguna:

  • Optimalisasi kecepatan situs dengan mengurangi ukuran gambar, menggunakan cache, kompresi gzip, dan mengurangi permintaan server. Semakin cepat situs dimuat, semakin baik.
  • Pastikan situs Anda responsif agar dapat dilihat dengan baik di berbagai perangkat, termasuk ponsel. Gunakan desain yang menyesuaikan ukuran layar.
  • Buat navigasi yang konsisten dan intuitif. Struktur navigasi yang jelas memudahkan pengguna menemukan konten.
  • Minimalisir interupsi seperti pop-up yang mengganggu. Fokus pada konten inti.
  • Optimalkan formulir pencarian internal. Biarkan pengunjung mencari konten di situs Anda.
  • Letakkan informasi penting di bagian atas halaman. Pengunjung tidak suka men-scroll jauh untuk menemukan informasi.
  • Test situs di berbagai perangkat dan koneksi jaringan. Pastikan tidak ada masalah tampilan atau kecepatan.
  • Gunakan jasa pembuatan website umkm profesional jika anda tidak ingin membuat website seindiri atau tidak memiliki banyak waktu.

Dengan mengoptimalkan kecepatan, tampilan responsif, dan navigasi situs, Anda dapat menyediakan pengalaman pengguna terbaik untuk meningkatkan tingkat konversi.

Perangkat seluler semakin populer digunakan untuk mencari di internet. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengoptimalkan situs web Anda agar ramah seluler.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Peringkat di perangkat seluler. Google sekarang menggunakan peringkat seluler yang terpisah dari peringkat desktop. Pastikan konten Anda dapat dengan mudah dibaca dan dinavigasi di layar kecil.
  • Desain responsif. Gunakan desain responsif atau desain responsif adaptif agar situs web Anda menyesuaikan ukuran dan bentuknya saat dibuka di perangkat seluler. Hal ini akan membuat pengalaman pengguna jauh lebih baik.
  • Kecepatan loading. Situs web yang lambat loading akan membuat pengguna cepat meninggalkan situs. Optimalkan gambar, script, dan file CSS agar loading cepat di seluler.
  • Tombol CTAs yang jelas dan mudah diklik. Pastikan tombol Call-To-Actions cukup besar dan mudah diklik di seluler.
  • Konten yang ringan dan poin-poin penting saja. Buat konten singkat dan langsung pada intinya untuk pembaca di seluler.

Mengoptimalkan situs web untuk seluler dapat meningkatkan peringkat organik, trafik, dan konversi dari pengguna ponsel. Ini harus menjadi bagian penting dari strategi optimasi mesin pencari saat ini.

Analitik Web

Analitik web sangat penting untuk memonitor dan menganalisis lalu lintas organic search ke situs Anda. Google Analytics adalah alat analitik web paling populer yang sering digunakan oleh perusahaan jasa SEO untuk tujuan ini.

Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak berbagai metrik penting termasuk:

  • Jumlah pengunjung unik per bulan
  • Jumlah halaman yang dilihat
  • Rata-rata durasi kunjungan
  • Sumber lalu lintas (organic search, social media, direct, referral, dll)
  • Kata kunci dan frase pencarian organic yang membawa lalu lintas
  • Peringkat halaman organik
  • Tingkat konversi untuk tujuan bisnis penting

Ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa baik upaya SEO Anda bekerja dalam mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs. Anda juga dapat mengidentifikasi halaman dan konten mana yang paling efektif dalam peringkat organik.

Dengan melacak kata kunci dan frase utama yang membawa pengunjung, Anda dapat mengoptimalkan konten yang ada dan membuat konten baru yang ditargetkan untuk pencarian berkinerja tinggi. Data kunjungan dari Google Analytics sangat berharga dalam memandu strategi SEO dan konten Anda.

Pemeliharaan dan Pembaruan

Optimasi SEO secara profesional bukanlah sesuatu yang sekali dikerjakan langsung selesai. Agar peringkat Anda tetap stabil dan bahkan meningkat, Anda perlu melakukan pemeliharaan dan pembaruan secara berkala.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Memantau peringkat - Pantau kata kunci mana yang naik atau turun peringkatnya. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi. Pastikan konten yang penting masih berada di halaman utama.
  • Memperbarui konten - Konten yang sudah lama perlu diperbarui agar tetap relevan. Periksa apakah ada informasi yang sudah outdated yang perlu dihapus atau diganti. Tambahkan informasi terbaru yang relevan.
  • Mengikuti tren terbaru - Google sering merilis update algorithm. Pahami tren SEO terbaru seperti penekanan pada user experience, kecepatan situs, dan mobile-friendliness. Pastikan strategi SEO Anda mengikuti tren terkini.
  • Melakukan audit berkala - Lakukan audit internal secara berkala untuk memastikan semua aspek SEO baik on-page maupun off-page telah dioptimasi dengan baik. Perbaiki jika ada yang kurang.

Dengan melakukan pemeliharaan dan update secara rutin, SEO Anda akan tetap optimal dan menghasilkan trafik organik yang stabil jangka panjang.

Jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat dan tidak merepotkan, pilihan untuk menggunakan jasa SEO Website bogor bisa dijadikan alternatif untuk melakukan optimasi seo website anda.

  1. Apa itu Organic Search Marketing? Organic Search Marketing adalah strategi pemasaran yang fokus pada meningkatkan peringkat pencarian organik website di mesin pencari. Metode ini mencakup berbagai taktik SEO, seperti riset kata kunci, optimasi konten, dan pembangunan backlink.
  2. Bagaimana cara kerja Organic Search? Organic Search bekerja dengan cara mengoptimalkan konten dan struktur website Anda sehingga relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna mesin pencari.
    Mesin pencari menggunakan algoritma untuk menentukan peringkat organik berdasarkan relevansi dan kualitas konten.
  3. Apa perbedaan antara Organic Search dan Paid Search? Organic Search adalah hasil pencarian yang terjadi secara alami dan tidak dibayar, sedangkan Paid Search adalah hasil pencarian yang muncul karena iklan berbayar.
    Organic Search memiliki keuntungan jangka panjang dan tidak memerlukan biaya per klik, sementara Paid Search memberikan hasil yang lebih cepat namun memerlukan biaya iklan.
  4. Bagaimana cara melihat lalu lintas Organic Search di Google Analytics? Untuk melihat lalu lintas Organic Search di Google Analytics, buka bagian Acquisition, kemudian pilih Channels di bawah All Traffic. Di sini, Anda akan melihat lalu lintas dari berbagai sumber, termasuk Organic Search.
  5. Apakah peringkat Organic Search dapat berubah seiring waktu? Ya, peringkat Organic Search dapat berubah seiring waktu karena persaingan yang terus berubah dan perubahan algoritma mesin pencari. Penting untuk terus memantau peringkat dan melakukan optimasi konten secara teratur.

Informasi tambahan tentang Organic Search

Kesimpulan

Organic Search adalah metode yang sangat penting dalam strategi pemasaran online. Dengan mengoptimalkan konten dan struktur website Anda, Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian organik dan mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan.

Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memanfaatkan manfaat besar dari Organic Search untuk meningkatkan visibilitas merek Anda, menghasilkan lead berkualitas, dan mendapatkan keuntungan jangka panjang bagi bisnis Anda.