Organic Search adalah? Manfaat, Fitur dan Optimasinya! | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Organic Search adalah? Manfaat, Fitur dan Optimasinya!

Organic search adalah hasil pencarian di mesin pencari yang muncul secara alami dan gratis. baca Artikel untuk mengetahui manfaat, contoh fitur dan cara optimasinya.


Organic search adalah hasil pencarian di mesin pencari yang muncul secara alami dan tidak berbayar.

Ketika pengguna memasukkan kata kunci atau pertanyaan ke dalam mesin pencari seperti Google, hasil yang muncul di halaman hasil pencarian yang tidak disertai label "Iklan" atau "Ad" adalah hasil pencarian organik.

Sebagai Contoh, seseorang sedang mencari Jasa SEO Profesional di mesin pencarian Google.

Begitu anda memasukan kata kunci jasa seo profesional, maka akan muncul daftar website yang menurut Google paling related dengan kata kunci yang anda cari, hasil ini lah yang disebut organic search atau pencarian alami.

Contoh Gambar hasil organic search :

Contoh Gambar Image Carousel

Hasil ini dihasilkan berdasarkan relevansi konten website dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna, serta berbagai faktor lain yang digunakan oleh algoritma mesin pencari.

Perbedaan Organic Search dan Paid Search Adalah

Organic search dan paid search atau biasa disebut dengan PPC ( Pay Per Click) adalah dua metode yang berbeda untuk mencari informasi di mesin pencari.

  • Organic search adalah :
  1. Bertahan lebih lama
  2. Potensi ROI lebih tinggi
  3. Mendatangkan Organic Traffic yang lebih relevan
  4. Lebih Terpercaya
  • Paid search adalah :
  1. Bergantung pada budget iklan
  2. Meningkatkan Impression
  3. Mendatangkan Potensial Buyer
  4. Proses lebih cepat

Baca Artikel tentang beda organic search dengan Ads

Elemen-Elemen Pencarian Organic:

  1. Kata Kunci (Keywords):

Istilah atau frasa yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencari.

  1. SEO (Search Engine Optimization):

SEO adalah singkatan dari Search Engine optimization, yaitu Proses mengoptimalkan website untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian organik.

  1. Konten Berkualitas:

Informasi yang relevan, berguna, dan menarik yang memenuhi kebutuhan pencari.

  1. Backlinks:

Pengertian Backlink adalah Tautan dari website lain yang mengarah ke konten kita, yang membantu meningkatkan otoritas dan peringkat di mesin pencari.

  1. Pengalaman Pengguna (User Experience):

Faktor seperti kecepatan halaman, desain responsif, dan navigasi yang mudah, yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan peringkat pencarian.

Manfaat Organic Search Penting?

Organic search sangat penting karena beberapa alasan berikut:

  1. Kepercayaan dan Kredibilitas:

Hasil pencarian organik biasanya lebih dipercaya oleh pengguna dibandingkan dengan hasil pencarian berbayar.

Pengguna cenderung menganggap bahwa website yang muncul di hasil pencarian organik memiliki konten yang lebih relevan dan berkualitas tinggi.

  1. Hemat Biaya:

Tidak seperti iklan berbayar, mendapatkan lalu lintas melalui pencarian organik tidak memerlukan biaya langsung per klik atau tayangan.

Investasi dalam SEO dapat memberikan hasil jangka panjang yang lebih ekonomis.

  1. Lalu Lintas yang Lebih Tertarget:

Pengguna yang mengunjungi website melalui pencarian organik seringkali lebih tertarget karena mereka secara aktif mencari informasi atau produk yang sesuai dengan kata kunci yang mereka masukkan.

  1. Keberlanjutan:

Hasil pencarian organik cenderung bertahan lebih lama dibandingkan dengan iklan berbayar yang hanya muncul selama kampanye berlangsung.

Ini berarti, investasi dalam SEO dapat memberikan lalu lintas berkelanjutan ke website.

  1. Pengaruh pada Brand Awareness:

Muncul di hasil pencarian organik secara konsisten dapat meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek.

Pengguna yang sering melihat brand di hasil pencarian akan lebih mengenal dan mengingat brand tersebut.

Fitur dan Contoh Organic Search pada Results Page (SERP)

Fitur pada Search Engine Results Page (SERP):

SERP atau Search Engine Results Page adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo ketika pengguna memasukkan kata kunci atau frasa pencarian.

SERP terdiri dari berbagai elemen yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan informasi yang relevan dan bermanfaat dengan cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa fitur utama SERP:

1. Featured Snippets (Cuplikan Unggulan)

Featured Snippets adalah potongan informasi yang ditampilkan di bagian atas halaman hasil pencarian Google.

Mereka biasanya berisi jawaban singkat yang diambil dari halaman web yang relevan dengan pertanyaan pencarian pengguna.

Cuplikan ini seringkali disajikan dalam bentuk paragraf, daftar, atau tabel, dan bertujuan untuk memberikan jawaban cepat kepada pengguna tanpa perlu mengklik hasil pencarian.

Contoh Gambar hasil Featured Snippets

2. Video Carousel (Karusel Video)

Karusel video adalah tampilan horizontal dari beberapa video yang relevan dengan kata kunci pencarian.

Video-video ini biasanya diambil dari YouTube dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan memilih video yang ingin mereka tonton langsung dari halaman hasil pencarian.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan konten video yang relevan dengan cepat.

Contoh Gambar hasil Video Carousel

3. People Also Ask (PAA) (Orang Juga Bertanya)

Fitur "Orang Juga Bertanya" menampilkan daftar pertanyaan terkait yang sering diajukan pengguna lain mengenai topik yang sama.

Setiap pertanyaan dapat diperluas untuk melihat jawabannya, yang biasanya diambil dari berbagai halaman web.

Fitur ini membantu pengguna untuk mengeksplorasi lebih lanjut topik yang mereka cari dan mendapatkan informasi tambahan yang relevan.

Contoh Gambar People Also Ask (PAA)

4. Image Carousel (Karusel Gambar)

Karusel gambar adalah tampilan horizontal dari beberapa gambar yang relevan dengan pencarian pengguna. Gambar-gambar ini biasanya diambil dari berbagai situs web dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan memilih gambar yang mereka anggap menarik atau relevan.

Karusel gambar sering muncul untuk pencarian yang bersifat visual, seperti pencarian produk, tempat wisata, atau konsep visual lainnya.

Contoh Gambar Image Carousel

5. Local Results:

Local results adalah kumpulan hasil pencarian yang menunjukkan bisnis atau tempat lokal yang relevan dengan kata kunci pencarian pengguna.

Local results biasanya menyertakan informasi seperti alamat, nomor telepon, jam buka, dan rating.

Contoh Gambar Local Results

Fitur-fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna dengan menyediakan informasi yang lebih beragam dan mudah diakses langsung dari halaman hasil pencarian.

Memahami fitur-fitur SERP dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas online Anda.

Cara Meningkatkan Organic Search Menggunakan SEO

Optimasi On-Page

Optimasi on-page adalah teknik optimasi SEO yang berfokus pada elemen di dalam situs web itu sendiri. Beberapa teknik optimasi on-page utama meliputi:

Konten Berkualitas Tinggi

Memiliki konten unik atau artikel seo friendly berkualitas tinggi adalah kunci utama optimasi on-page. Konten harus informatif, akurat, up-to-date, dan ditulis dengan baik untuk search engine dan pengguna.

Gunakan kata kunci target di dalam konten secara alami dan proporsional. Konten juga perlu direlevansikan dengan topik situs web.

Judul dan Deskripsi Meta

Judul dan deskripsi meta harus menggambarkan konten dengan akurat dan menggunakan kata kunci target. Judul meta idealnya 60-70 karakter sedangkan deskripsi 150-160 karakter. Hindari penggunaan kata kunci berlebihan.

Header Tag

Gunakan header tag (h1, h2, h3, dll) secara logis untuk membagi konten ke dalam seksi-seksi. H1 digunakan untuk judul utama, H2 untuk sub judul, begitu seterusnya. Header tag membantu memperkuat struktur konten.

Optimasi SEO Off-Page

Off-page optimization merupakan teknik optimasi SEO yang berfokus pada faktor-faktor di luar situs web yang mempengaruhi peringkat situs di mesin pencari.

Beberapa strategi utama optimasi off-page meliputi:

Link building adalah teknik mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web Anda. Backlink dari situs tepercaya dan berotoritas tinggi akan membantu Google mempercayai dan memberi bobot lebih tinggi pada situs Anda.

Strategi link building yang efektif mencakup:

  • Mendapatkan backlink editorial alami dari kontributor tamu di situs berita, blog, dan industri terkait.
  • Melakukan outreach secara personal ke situs web terkait dan mengajukan tautan balik ke konten yang relevan.
  • Memberi komentar bermanfaat dengan backlink dari situs web komunitas, forum, dan diskusi terkait topik Anda.
  • Membuat dan berbagi konten berkualitas tinggi yang layak untuk ditautkan oleh orang lain.

Baca Artikel tentang Manfaat link building dalam organic search

Analisis Kompetitor

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dari optimasi organic search, penting seseorang atau layanan jasa SEO specialist sekalipun untuk melakukan analisis terhadap para kompetitor utama.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam analisis kompetitor:

  • Identifikasi kompetitor utama di industri atau niche tertentu. Siapa saja merek atau perusahaan yang menawarkan produk/layanan serupa dan bersaing untuk peringkat teratas di mesin pencari.
  • Pelajari kata kunci apa saja yang ditargetkan oleh kompetitor. Kita bisa menggunakan alat keyword research Profesional seperti Ahrefs, SEMrush, atau Google Keyword Planner untuk mendapatkan insight ini.
  • Analisis on-page SEO dari website kompetitor. Lihat bagaimana mereka mengoptimasi konten dan halaman website untuk kata kunci tertentu. Hal ini bisa memberikan ide tentang best practice optimasi on-page.
  • Cek link building dan strategi off-page optimization mereka. Alat seperti Ahrefs dan SEMrush juga berguna untuk melacak dari mana saja backlink menuju ke website kompetitor.
  • Teliti apakah kompetitor melakukan optimasi khusus untuk mobile search. Konten dan pengalaman pengguna yang didesain mobile-friendly sudah menjadi faktor penting dalam peringkat SEO.
  • Pelajari juga strategi content marketing kompetitor. Apakah mereka rutin menerbitkan konten baru? Topik dan format konten apa yang paling banyak dibuat? Hal ini bisa jadi ide konten yang bisa kita buat.

Kesimpulan

Organic Search adalah metode yang sangat penting dalam strategi pemasaran online. Dengan mengoptimalkan konten dan struktur website Anda, Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian organik dan mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan.

Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memanfaatkan manfaat besar dari Organic Search untuk meningkatkan visibilitas merek Anda, menghasilkan lead berkualitas, dan mendapatkan keuntungan jangka panjang bagi bisnis Anda.