Apa Itu SEM? Pengertian, Perbedaan, Kelebihan dan contohnya | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Apa Itu SEM? Pengertian, Perbedaan, Kelebihan dan contohnya

SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran online dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Beberapa kelebihan dan contoh dari SEM antara lain..


Pengertian SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran online dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. SEM mencakup berbagai taktik dan strategi untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di hasil pencarian mesin telusur.

Definisi SEM secara sederhana adalah upaya untuk mempromosikan situs web dengan menggunakan iklan berbayar maupun organik di mesin pencari. SEM terdiri dari dua jenis utama yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).

SEO berfokus pada optimasi konten dan teknis situs web agar muncul di peringkat organik/alami mesin pencari. Sedangkan PPC adalah iklan berbayar yang ditampilkan di bagian atas maupun samping halaman hasil pencarian. Dengan PPC, pemasar membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna mesin pencari.

Jadi secara singkat, SEM mencakup semua upaya promosi dengan memanfaatkan mesin pencari, baik upaya organik maupun berbayar. Tujuan utamanya tentu saja untuk meningkatkan lalu lintas dan visibilitas situs web di mata mesin pencari sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan.

Perbedaan SEM dan SEO

SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization) adalah dua hal yang berbeda meskipun saling berkaitan dalam dunia digital marketing.

SEM memiliki cakupan yang lebih luas dibanding SEO. SEM mencakup semua upaya promosi produk atau layanan di mesin pencari, termasuk iklan berbayar dan optimasi organik. Sedangkan SEO hanya berfokus pada peningkatan peringkat organik di mesin pencari tanpa iklan berbayar. Jadi, SEO adalah bagian dari SEM.

Perbedaan utama lainnya, SEM mengandalkan iklan berbayar seperti Google Ads untuk menampilkan iklan di halaman hasil pencarian Google. Sedangkan SEO berfokus mengoptimalkan konten dan on-page website agar mendapatkan peringkat organik yang lebih tinggi di mesin pencari.

Dari segi kecepatan, SEM bisa memberikan hasil lebih cepat dibanding SEO karena mengandalkan iklan berbayar. Sedangkan SEO membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa efektif meningkatkan peringkat organik website.

Kelebihan SEM

SEM memiliki beberapa kelebihan utama dibandingkan dengan teknik pemasaran digital lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari SEM:

Meningkatkan visibility website dengan cepat

Dengan SEM, Anda dapat dengan cepat meningkatkan visibilitas website karena iklan Anda akan muncul di hasil pencarian Google ketika ada orang mencari kata kunci yang relevan. Ini memungkinkan website Anda mendapatkan traffik dengan cepat.

Menghasilkan traffik yang spesifik dan relevan

SEM memungkinkan Anda menargetkan kata kunci spesifik sehingga orang yang mencari frase tertentu akan menemukan iklan Anda. Ini berarti SEM menghasilkan traffik yang sangat relevan dan berkualitas tinggi ke website Anda.

Biaya iklan terukur dan terkontrol

Dengan SEM, Anda hanya membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Anda juga dapat mengatur budget harian maksimum sehingga biaya iklan Anda terkontrol dengan baik.

Hasil yang terukur

Google AdWords menyediakan data analitik yang sangat lengkap sehingga Anda dapat melacak semua hasil iklan Anda secara terperinci, termasuk jumlah klik, biaya per klik, konversi, dan lainnya. Ini memungkinkan Anda mengoptimalkan kampanye dengan mudah. Iklan dapat dimodifikasi dengan cepat.

Cara Kerja Search Engine Marketing

SEM bekerja dengan memanfaatkan berbagai metode untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari. Ini melibatkan penggunaan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, penargetan audiens yang tepat, serta penerapan strategi PPC dan SEO.

Perbedaan utama antara PPC dan SEO adalah bahwa PPC melibatkan pembayaran setiap kali iklan diklik, sedangkan SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat organik situs web di hasil pencarian.

Strategi SEM

Search Engine Marketing (SEM) membutuhkan strategi yang tepat agar iklan bisa efektif menjangkau audiens yang tepat. Beberapa strategi SEM yang bisa dilakukan antara lain:

Riset Kata Kunci

Langkah pertama dalam SEM adalah melakukan riset kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Kata kunci yang dipilih harus spesifik dan memiliki volume pencarian yang cukup tinggi di mesin pencari. Riset kata kunci dilakukan untuk menentukan kata kunci mana yang akan digunakan dalam iklan.

Optimasi Halaman Produk

Setelah menentukan kata kunci, langkah selanjutnya adalah memastikan halaman produk dioptimalkan untuk kata kunci tersebut. Konten di halaman produk harus relevan dan mengandung kata kunci yang ditargetkan. Hal ini agar iklan dapat mengarahkan pengunjung ke halaman yang sesuai dengan pencarian mereka.

Buat Iklan PPC yang Menarik

Iklan PPC (Pay Per Click) harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian dan mendorong klik. Gunakan headline dan deskripsi iklan yang menarik, padat, dan mencakup kata kunci yang relevan. Pastikan juga iklan mengarahkan ke halaman produk yang tepat.

Monitoring dan Evaluasi Iklan

Lakukan monitoring rutin terhadap performa iklan PPC untuk melihat iklan mana yang efektif dan mana yang kurang optimal. Kemudian lakukan evaluasi dan optimasi berkala pada iklan untuk terus meningkatkan performanya.

Beberapa contoh dan Jenis-jenis kampanye SEM Berbayar atau PPC:

  • Membuat iklan teks di Google Ads dengan kata kunci tertentu
  • Mempromosikan produk di Google Shopping
  • Memasang iklan di Youtube sebelum atau selama video diputar
  • Membuat iklan grafis di Google Display Network

Jadi singkatnya, SEM mencakup semua bentuk periklanan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas dan trafik ke situs web.

Jika anda ingin melakukan optimasi SEM menggunakan PPC, anda bisa mencari "jasa iklan Google ads", dan jika ingin melakukan optimasi SEO, anda bisa mencari layanan dengan kata kunci misalnya "jasa SEO google" atau Pakar SEO bersertifikat di mesin pencari.