WordPress Adalah? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
WordPress Adalah? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

WordPress adalah sebuah platform CMS yang terbuka dan gratis, WordPress merupakan pilihan utama bagi banyak pengguna karena kemudahan penggunaan nya tanpa memerlukan skill coding.


Kesimpulan

WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang populer digunakan untuk membuat dan mengelola website. Berikut ringkasan singkatnya:

  • WordPress bersifat open source dan gratis untuk digunakan.
  • Tersedia dalam 2 versi: WordPress.org yang bisa di-install sendiri, dan WordPress.com yang sudah di-hostingkan.
  • Memiliki banyak fitur canggih seperti editor posting, media, komentar, widget, tema, plugin, dan lainnya.
  • Bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website, dari blog pribadi hingga toko online.
  • Antarmuka administrasinya sederhana dan mudah digunakan.
  • Didukung komunitas dan developer yang sangat besar.

Pengertian WordPress

WordPress adalah platform open source yang memungkinkan siapa saja untuk membuat dan mengelola website dengan mudah.

WordPress menyediakan banyak fitur dan plugin yang memudahkan pengguna untuk mengelola konten web tanpa coding.

WordPress sendiri merupakan sebuah framework CMS (Content Management System) open sourcea yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan.

Dengan menggunakan WordPress, siapa saja bisa membuat dan mengelola konten web tanpa harus memiliki keahlian khusus di bidang programming.

Sejarah WordPress

Pada tahun 2003, Matt Mullenweg dan Mike Little meluncurkan WordPress sebagai kelanjutan dari platform blog sebelumnya, yaitu b2/cafelog. Sejak saat itu, WordPress terus berkembang dan menjadi salah satu platform CMS terpopuler di dunia.

Seiring berjalannya waktu, WordPress telah menambahkan berbagai fitur baru dan inovatif, seperti dukungan untuk plugin dan tema, yang semakin memperkaya fungsionalitas dan fleksibilitas platform ini.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform WordPress yang berbeda. Meski sama-sama menggunakan software WordPress, keduanya memiliki perbedaan mendasar:

  • WordPress.com adalah layanan hosting WordPress gratis yang disediakan oleh Automattic. Pengguna tidak perlu menginstal atau meng-hosting sendiri, cukup mendaftar akun dan langsung bisa membuat situs WordPress. Namun fitur dan customisasi terbatas.
  • WordPress.org adalah open source software WordPress yang bisa di-download dan di-install sendiri di web hosting. Pengguna memiliki kontrol penuh terhadap situs, termasuk fitur dan customisasi. Namun perlu menyewa hosting dan domain sendiri.

Kelebihan WordPress.com

  • Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya hosting dan domain.
  • Proses install mudah dan cepat.
  • Performa situs cepat karena di-host di server WordPress.com.
  • Dukungan teknis dari WordPress.com.

Kelebihan WordPress.org

  • Kontrol penuh atas situs termasuk desain web, fitur, dan customisasi.
  • Fleksibel karena bisa dipasang di berbagai web hosting.
  • Banyak pilihan plugin dan theme gratis maupun berbayar.
  • Cocok untuk membuat situs bisnis atau e-commerce.

Kekurangan WordPress.com

  • Fitur dan customisasi terbatas.
  • Harus menggunakan subdomain WordPress.com.
  • Tidak bisa monetisasi dengan iklan.
  • Harus berlangganan paket bayar untuk fitur premium.

Kekurangan WordPress.org

  • Perlu biaya hosting, domain name dan pemeliharaan situs.
  • Proses installasi lebih rumit bagi pemula.
  • Perlu backup dan update rutin untuk keamanan.
  • Resiko situs down jika salah konfigurasi server.

Keunggulan WordPress

  1. Populer dan banyak digunakan

WordPress adalah CMS (Content Management System) paling populer di dunia. Lebih dari 50% situs web menggunakan WordPress. Popularitasnya membuat WordPress menjadi pilihan utama bagi banyak orang ketika ingin membuat situs web.

  1. Banyak tema dan plugin gratis

WordPress memiliki ribuan tema dan plugin yang tersedia secara gratis. Anda bisa mengubah tampilan situs dengan mudah tanpa harus coding. Plugin juga memungkinkan Anda menambahkan berbagai fitur tanpa repot.

  1. Mudah disesuaikan

WordPress sangat fleksibel dan mudah disesuaikan. Anda bisa mengubah tampilan, tata letak, dan fungsionalitas situs web dengan mudah melalui tema dan plugin.Tidak perlu skill coding tinggi.

  1. Dukungan komunitas yang besar

Komunitas WordPress sangat besar dan aktif di seluruh dunia. Jika ada masalah atau pertanyaan, Anda bisa mendapatkan bantuan dari komunitas. Forum, grup facebook, stackoverflow penuh dengan diskusi WordPress.

  1. SEO Friendly

Website sangat mudah untuk di optimasi SEO, banyak plugin pendukung yang membuat banyak jasa seo menggunakan wordpress menyukai CMS satu ini untuk dioptimasi agar cepat masuk halaman 1 mesin pencari seperti Google.

  1. Gratis:

WordPress dapat digunakan secara gratis tanpa lisensi, sehingga menghemat biaya pembuatan website.

  1. Open Source:

Kode sumber WordPress terbuka untuk dimodifikasi dan didistribusikan kembali, memungkinkan penyesuaian dan pengembangan tanpa batas.

Kekurangan WordPress

Meskipun WordPress sangat populer, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Keamanan:

Karena popularitasnya, WordPress menjadi target empuk serangan hacker. Anda perlu waspada dan proaktif menjaga keamanan situs dengan update rutin dan pemilihan plugin keamanan terpercaya.

  1. Kurva Belajar:

Bagi pengguna awam, aspek teknis seperti instalasi mandiri di hosting (WordPress.org) dan pengelolaan plugin bisa jadi tantangan.

  1. Ketergantungan Plugin:

Untuk fungsi tertentu, Anda mungkin perlu plugin tambahan. Terlalu banyak plugin yang tidak dikelola dengan baik bisa membebani performa website.

  1. Kustomisasi Terbatas (Tanpa Kode):

Tema gratis mungkin menawarkan penyesuaian terbatas. Kustomisasi luas biasanya membutuhkan pengetahuan coding atau tema premium.

  1. Perawatan dan Update Berkala:

WordPress beserta plugin dan tema perlu diperbarui secara berkala untuk keamanan dan performa optimal. Ini membutuhkan waktu dan perhatian.

Fitur-Fitur WordPress

Salah satu alasan utama mengapa WordPress sangat populer adalah karena fitur-fiturnya yang lengkap dan powerful. Berikut adalah beberapa fitur utama yang melekat pada WordPress:

1. Editor Konten

WordPress dilengkapi dengan editor konten berbasis WYSIWYG yang memudahkan pengguna dalam menulis dan mengedit konten. Editor ini mendukung penggunaan format teks, gambar, video, dan lainnya. Pengguna tidak perlu pusing dengan kode HTML.

2. Media Library

Semua gambar, video, dan file lain yang diunggah ke situs WordPress akan disimpan di media library. Media ini bisa dengan mudah digunakan kembali di konten manapun. Media library sangat membantu dalam mengelola aset digital di situs WordPress.

3. Komentar

Fitur komentar memungkinkan pengunjung situs WordPress untuk memberikan komentar pada setiap artikel/posting. Komentar ini bisa dimoderasi oleh admin sebelum dipublikasikan.

4. Widget

Widget memudahkan pengguna WordPress untuk menambahkan berbagai fitur ke sidebar situs seperti menu, daftar posting terbaru, kalender, tag cloud, dan lainnya.

5. Tema

Dengan ribuan tema WordPress yang tersedia, pengguna bisa dengan mudah mengubah tampilan situsnya tanpa harus bisa coding. Tema WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

6. Plugin

Plugin memungkinkan pengguna menambahkan fitur baru ke situs WordPress mereka seperti SEO, keamanan, formulir kontak, dan lainnya. Ribuan plugin gratis dan berbayar tersedia untuk memperkaya fungsionalitas WordPress.

7. Post

Fitur Post memungkinkan pengguna untuk menulis dan mempublikasikan artikel atau postingan di website mereka. Pengguna juga dapat mengelompokkan postingan mereka berdasarkan kategori dan tag.

8. Pages

Fitur Pages digunakan untuk membuat dan mengelola halaman statis di website, seperti halaman About Us, Contact Us, dan lainnya.

9. Appearance

Fitur Appearance digunakan untuk mengubah tampilan dan desain website. Pengguna dapat memilih dan menginstal tema, menyesuaikan warna dan font, serta mengatur layout dan widget melalui fitur ini.

Fungsi WordPress

Sebagai sebuah CMS, WordPress memiliki berbagai fungsi untuk mendukung berbagai kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi utama WordPress:

  1. Blog

Awalnya, WordPress adalah platform blogging. Saat ini, fitur-fitur yang ada pada WordPress sudah memungkinkan pengguna untuk membuat blog dengan mudah dan cepat.

  1. Website Perusahaan

Selain blog, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat website perusahaan. Dengan berbagai pilihan tema dan fitur yang tersedia, pengguna dapat menciptakan website perusahaan yang profesional dan menarik.

  1. Toko Online

WordPress juga mendukung pembuatan website toko online. Dengan berbagai plugin yang tersedia, seperti WooCommerce, pengguna dapat dengan mudah membuat dan mengelola toko online.

  1. Forum Komunitas

Fungsi lain dari WordPress adalah pembuatan website forum komunitas. WordPress memungkinkan pengguna untuk membuat forum online dengan berbagai fitur yang memudahkan interaksi antar pengguna.

  1. Website Portofolio

Bagi para profesional yang ingin menunjukkan hasil kerja mereka, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website portofolio. Dengan berbagai fitur galeri dan tampilan yang bisa disesuaikan, pengguna dapat menampilkan portofolio mereka dengan menarik.

Baca Artikel Tentang Pengertian SSL dan Manfaatnya dasar sebelum situs WordPress Anda live agar terhindar dari peretasan.

Cara Menggunakan WordPress

WordPress sangat mudah digunakan, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan WordPress:

Cara menulis dan mempublikasikan artikel

  • Buka menu Post > Add New untuk membuat artikel baru
  • Isi judul, konten, dan media jika perlu
  • Klik Publish untuk mempublikasikan artikel
  • Atur kategori, tag, tanggal, dll untuk mengatur artikel

Mengelola media

  • Unggah foto, video, dll lewat menu Media
  • Atur kategori media untuk mengelola dengan rapi
  • Sisipkan media ke dalam artikel dengan mudah

Mengelola pengaturan

  • Kustomisasi tampilan dan fungsionalitas situs di menu Pengaturan
  • Atur halaman depan, menu navigasi, widget, dll
  • Integrasikan plugin dan layanan eksternal

Menginstal tema dan plugin

  • Unduh tema dan plugin WordPress yang kompatibel
  • Aktifkan tema baru lewat Penampilan > Tema
  • Aktifkan plugin lewat Plugin untuk menambah fitur

Contoh Situs Besar yang Pakai WordPress

WordPress telah menjadi platform CMS populer yang digunakan oleh banyak situs besar. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • TechCrunch - Situs berita teknologi terkemuka di dunia, TechCrunch, menggunakan WordPress untuk mengelola konten situsnya.

Contoh Gambar Website Wordpress TechCrunch

  • Time - Situs website berita ternama di dunia ini juga menggunakan wordpress untuk mengelola konten berita. Gambar Website Wordpress Majalah Time
  • PlayStation blog - PlayStation blog Juga menggunakan CMS wordpress untuk mengelola konten konten informasi perusahaan mereka.

Gambar Website PlayStation blog

  • Harvard - Harvard Edu adalah salah satu universitas terkemuka didunia yang menggunakan wordpress untuk menampilkan konten mereka.

Gambar Website PlayStation blog

WordPress telah terbukti dapat digunakan oleh berbagai situs besar dan populer di dunia ini. Fleksibilitas dan skalabilitas WordPress memungkinkannya untuk mengelola lalu lintas dan konten situs dengan jutaan pengunjung.

Jika anda adalah seorang pelaku usaha kecil dan menengah, Roofel menyediakan jasa pembuatan website Wordpress profesional untuk memenuhi kebutuhan usaha anda, atau anda bisa memilih menggunakan jasa pembuatan website wordpress murah khusus umkm