Yoast SEO Adalah? Fitur, Manfaat dan Cara Kerjanya. | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Yoast SEO Adalah? Fitur, Manfaat dan Cara Kerjanya.

Yoast SEO adalah Tools SEO gratis dan berbayar dengan fitur yang cukup lengkap untuk membantu optimasi SEO, khusus nya dari sisi website ( On Page ).


Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin optimasi SEO populer yang dikembangkan oleh Yoast, perusahaan teknologi asal Belanda. Plugin ini dirilis pertama kali pada tahun 2008 dan kini didukung oleh lebih dari 4 juta situs web di seluruh dunia.

Yoast SEO banyak digunakan oleh jasa seo website di Indonesia untuk mengoptimalkan konten situs web agar lebih mudah ditemukan mesin pencari seperti Google. Plugin ini membantu pemilik situs web untuk menerapkan praktik SEO on-page yang baik, seperti:

  • Menulis judul dan deskripsi halaman yang optimal
  • Mengatur struktur konten dan header
  • Mengoptimalkan gambar
  • Membuat XML Sitemap
  • dan masih banyak lagi

Yoast SEO pertama kali dirilis oleh maestro SEO asal Belanda bernama Joost de Valk. Ia melihat bahwa banyak pemilik situs web kecil yang kesulitan menerapkan SEO karena kurangnya pengetahuan teknis. Maka dari itu Yoast SEO dibuat sebagai plugin gratis yang mudah digunakan untuk WordPress.

Seiring berjalannya waktu, Yoast SEO terus dikembangkan dan kini menjadi salah satu plugin SEO paling populer. Fitur-fitur canggih dari Yoast SEO membuatnya digunakan tidak hanya oleh blogger pemula, tapi juga perusahaan besar dan brand ternama.

Baca artikel tentang Backlink Adalah

Fitur-fitur Utama Yoast SEO

Yoast SEO memiliki berbagai fitur yang sangat berguna untuk mengoptimalkan SEO situs Anda. Beberapa fitur utamanya adalah:

XML Sitemaps - Yoast SEO secara otomatis membuat sitemap XML untuk situs Anda. Sitemap ini membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks semua halaman situs dengan lebih baik.

Snippet Previews - Fitur ini menunjukkan preview snippet halaman di hasil pencarian Google. Anda bisa melihat apa yang akan ditampilkan di SERP dan mengoptimalkannya.

Readability Analysis - Yoast SEO menganalisis tingkat keterbacaan konten Anda, termasuk panjang kalimat dan paragraph. Ini memastikan konten mudah dibaca pengunjung.

SEO & Readability Analysis - Fitur ini memberikan analisis langsung terhadap SEO dan keterbacaan konten saat Anda mengetik. Anda bisa memperbaiki konten agar optimal.

Focus Keywords - Anda bisa menentukan focus keyword untuk setiap halaman/posting. Yoast SEO akan menganalisis penggunaan keyword tersebut di konten.

Internal Linking Suggestions - Ketika menulis konten baru, Yoast SEO merekomendasikan artikel relevan di situs Anda yang bisa di-link untuk optimalisasi.

SEO Score - Yoast SEO memberikan skor SEO untuk konten berdasarkan berbagai faktor optimasi, seperti penggunaan keyword, heading, dll. Skor ini bisa jadi acuan perbaikan konten.

Dengan fitur-fitur ini, Anda bisa mengoptimalkan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan mesin pencari.

Baca Artikel tentang identifikasi dan analisa dalam seo

Manfaat Menggunakan Yoast SEO

Yoast SEO memberikan banyak manfaat bagi situs web yang ingin meningkatkan peringkat di mesin pencari seperti Google. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan Yoast SEO:

  • Meningkatkan peringkat situs di mesin pencari seperti Google. Yoast SEO membantu mengoptimalkan situs dan konten agar lebih mudah ditemukan dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google.
  • Optimasi konten. Yoast SEO memiliki fitur analisis konten yang memberikan saran konkret untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, kata kunci, dan struktur konten agar lebih sesuai dengan pencarian pengguna.
  • Analisis kata kunci SEO. Fitur ini memungkinkan melihat popularitas dan persaingan untuk kata kunci tertentu sehingga bisa memilih kata kunci yang tepat untuk dioptimalkan di konten.
  • Mengatur struktur situs. Yoast SEO membantu membuat sitemap XML dan mengatur struktur situs agar lebih ramah mesin pencari.
  • Membantu on-page SEO. Yoast SEO memastikan elemen on-page SEO seperti judul halaman, meta deskripsi, header tag, alt text, dll sudah dioptimalkan di setiap halaman.
  • Integrasi dengan Google Search Console. Melalui Yoast SEO data analitik dari Search Console bisa dimanfaatkan lebih optimal.
  • Dukungan multiplatform. Yoast SEO bisa digunakan di berbagai platform CMS populer seperti WordPress, Shopify, Magento, dan lainnya.

Dengan berbagai fitur dan kemampuannya, Yoast SEO sangat direkomendasikan untuk membantu mengoptimalkan konten dan situs web agar lebih mudah ditemukan di Google.

Baca Artikel tentang pentingnya url SEO friendly

Cara Kerja Yoast SEO

Yoast SEO bekerja dengan menganalisis konten situs web Anda untuk membantu mengoptimalkan untuk mesin pencari. Ada 3 proses utama dalam cara kerja Yoast SEO:

Crawl Situs Web

Yoast SEO akan melakukan crawl pada seluruh halaman situs web Anda untuk mengumpulkan data tentang konten. Data ini meliputi kata kunci, header tag, gambar, link internal dan eksternal, dan metadata.

Analisis Konten

Setelah melakukan crawl, Yoast SEO kemudian akan menganalisis konten halaman. Plugin ini akan memeriksa apakah ada masalah SEO seperti duplicate content, kata kunci yang kurang optimal, meta description yang kurang menarik, dan lainnya.

Yoast SEO juga akan memberikan skor konten berdasarkan seberapa baik optimasi SEO pada halaman tersebut. Semakin tinggi skornya, semakin teroptimasi kontennya.

Saran Perbaikan SEO

Fitur terbaik dari Yoast SEO adalah saran perbaikan SEO yang diberikan. Setelah menganalisis konten, Yoast SEO akan memberikan saran spesifik tentang apa yang perlu diperbaiki agar SEO lebih optimal.

Saran ini bisa berupa menambahkan kata kunci tertentu, memperbaiki struktur kalimat, membuat meta description yang lebih menarik, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti saran dari Yoast SEO, Anda bisa mengoptimalkan konten dengan lebih mudah.

Mengoptimalkan Situs dengan Yoast SEO

Cara mengoptimalkan situs dengan Yoast SEO cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Instal plugin

Langkah pertama tentu saja adalah menginstal plugin Yoast SEO. Yoast SEO tersedia secara gratis di WordPress plugin directory. Setelah terinstal, aktifkan plugin tersebut.

Atur pengaturan dasar

Setelah plugin aktif, buka menu SEO di WordPress admin panel. Di sana ada beberapa pengaturan dasar yang bisa diatur seperti judul situs, meta deskripsi, dan lainnya. Isi pengaturan ini dengan informasi situs yang relevan.

Analisis konten

Salah satu fitur hebat dari Yoast SEO adalah analisis konten. Setiap kali membuat/mengedit konten artikel, Yoast SEO akan memberikan analisis SEO langsung di editor. Analisis ini akan memberikan saran perbaikan konten agar lebih optimal untuk SEO.

Perbaiki berdasarkan saran

Berdasarkan analisis dari Yoast, lakukan perbaikan konten artikel seperti memperbaiki struktur kalimat, menambah kata kunci, memperpanjang konten, dan lainnya. Dengan begini konten situs akan lebih teroptimasi SEO.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, situs WordPress bisa dioptimalkan dengan mudah menggunakan Yoast SEO.

Baca Artikel tentang Onpage dan Technical SEO

Integrasi dengan Platform Lain

Yoast SEO dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan CMS populer seperti WordPress, Shopify, Magento, Joomla, Drupal, dan lainnya. Ini memungkinkan fitur-fitur optimasi SEO Yoast digunakan pada berbagai jenis situs web.

  • WordPress - Yoast SEO merupakan plugin WordPress paling populer untuk optimasi SEO. Sangat mudah diinstal dan terintegrasi dengan WordPress. Memberikan kontrol penuh atas SEO situs WordPress.
  • Shopify - Ada app khusus Yoast SEO untuk Shopify yang bisa diinstal. Memungkinkan optimisasi SEO produk, kategori, dan halaman Shopify.
  • Magento - Yoast SEO juga tersedia sebagai extension untuk Magento. Membantu optimisasi SEO toko online berbasis Magento.
  • Joomla - Plugin Yoast SEO untuk Joomla tersedia untuk diunduh dan instal. Memberikan kemampuan SEO untuk situs Joomla.
  • Drupal - Ada modul kontribusi Yoast SEO untuk CMS Drupal. Memudahkan pengaturan SEO situs Drupal.
  • Lainnya - Selain itu ada juga integrasi Yoast SEO untuk platform seperti PrestaShop, MediaWiki, dan lainnya.

Dengan dukungan integrasi yang luas, Yoast SEO bisa membantu optimisasi SEO berbagai jenis situs web dan platform. Memudahkan untuk menerapkan SEO tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang rumit.

Yoast SEO Premium

Yoast SEO juga menyediakan versi berbayar bernama Yoast SEO Premium yang menawarkan beberapa fitur tambahan. Beberapa fitur premium yang ditawarkan antara lain:

  • Kustomisasi Snippet: Anda bisa mengubah tampilan snippet situs di mesin pencari agar lebih menarik.
  • Analisis Internal Linking: Fitur ini akan menganalisis link internal di situs Anda dan memberi saran perbaikan.
  • Multiple Keyword: Anda bisa mengoptimalkan halaman untuk beberapa kata kunci sekaligus.
  • Optimize Blogs for SEO: Fitur khusus untuk mengoptimalkan tulisan blog agar lebih ramah SEO.
  • No Ads: Tidak ada iklan yang ditampilkan pada dashboard WordPress.
  • Fast Support: Layanan dukungan lebih cepat jika ada masalah.

Biaya langganan Yoast SEO Premium dimulai dari $89 per tahun. Ada juga paket lifetime sebesar $249 sekali bayar untuk selamanya. Versi premium ini cocok digunakan oleh pengelola website profesional yang membutuhkan fitur SEO lebih advance.

Baca Artikel Tentang Pengertian Off Page SEO

Yoast SEO vs Plugin SEO Lain

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO paling populer untuk WordPress. Namun, ada beberapa plugin SEO lain yang juga banyak digunakan, seperti All in One SEO, Rank Math, dan SEO Framework. Berikut adalah perbandingannya:

  • Dibandingkan All in One SEO, Yoast SEO lebih mudah digunakan dan intuitif. Yoast SEO juga lebih sering di-update dan didukung tim pengembang yang besar. Namun, All in One SEO menyediakan beberapa fitur tambahan seperti integrasi dengan sosial media.
  • Dibandingkan Rank Math, Yoast SEO masih lebih mudah digunakan bagi pemula. Rank Math memiliki beberapa fitur canggih yang tidak ada di Yoast SEO, seperti kontrol lebih detail untuk SEO on-page. Namun beberapa pengguna mengeluh Rank Math lebih rumit pengaturannya.
  • Dibandingkan SEO Framework, Yoast SEO jauh lebih populer dan memiliki komunitas pengguna yang besar. SEO Framework menjanjikan kecepatan yang lebih baik, namun fitur-fiturnya tidak sebanyak Yoast SEO. Banyak yang merasa antarmuka SEO Framework kurang intuitif.

Secara keseluruhan, Yoast SEO masih menjadi pilihan terbaik untuk kebanyakan pengguna WordPress karena kemudahan penggunaan dan fitur-fiturnya yang komprehensif. Meskipun ada beberapa plugin alternatif yang menjanjikan keunggulan tertentu, Yoast SEO masih menjadi raja di antara plugin SEO untuk WordPress.

Kekurangan Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan SEO situs web, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  • Perlu pengetahuan SEO - Meskipun Yoast SEO memberikan banyak saran dan petunjuk, Anda tetap memerlukan pemahaman dasar tentang SEO agar bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Tanpa pengetahuan SEO, Anda mungkin tidak mengerti kenapa harus mengikuti saran-saran tertentu.
  • Hanya saran umum, tidak spesifik - Yoast SEO hanya memberikan panduan dan saran umum untuk mengoptimalkan halaman dan postingan. Yoast SEO tidak secara spesifik menganalisis konten Anda dan memberikan saran khusus.
  • Terlalu banyak notifikasi - Kadang antarmuka Yoast SEO bisa terasa penuh dengan peringatan dan notifikasi tentang halaman atau postingan yang belum dioptimalkan. Hal ini bisa membuat pengguna merasa terbebani.

Jadi meskipun sangat berguna, ada baiknya memahami bahwa Yoast SEO bukan solusi instan untuk SEO. Anda tetap memerlukan pemahaman SEO dan pendekatan holistik untuk mengoptimalkan situs web. Gunakan Yoast SEO sebagai panduan, tetapi jangan terlalu bergantung pada notifikasi dan peringatannya.

Kesimpulan

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO paling populer yang digunakan oleh jutaan situs web di seluruh dunia. Plugin open source ini memberikan banyak keunggulan dalam mengoptimalkan SEO situs, diantaranya:

  • Mempermudah proses on-page optimization dengan berbagai fitur seperti analysis konten, optimasi judul dan meta deskripsi, optimasi gambar, dan lainnya.
  • Memberikan rekomendasi optimasi SEO yang lengkap dan mudah dipahami bagi pemilik situs web.
  • Terintegrasi dengan search console sehingga memudahkan monitoring kinerja situs di mesin pencari.
  • Didukung berbagai bahasa termasuk Indonesia sehingga mudah digunakan.
  • Gratis dan selalu diperbarui dengan fitur terbaru oleh developer Yoast.
  • Didukung hampir semua CMS populer seperti WordPress, Shopify, Magento dan lainnya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Yoast SEO sangat direkomendasikan untuk digunakan pada situs WordPress maupun CMS lainnya. Plugin ini akan sangat membantu website mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencari seperti Google.