Apa itu Longtail Keyword dan Cara Menggunakan nya untuk Optimasi SEO

Yuda Prima Jasa
Apa itu Longtail Keyword dan Cara Menggunakan nya untuk Optimasi SEO

Long Tail Keywords (kata kunci ekor panjang) adalah istilah atau frasa pencarian yang lebih panjang dan spesifik, biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih


Apa itu Long Tail Keywords?

Menurut para pakar SEO profesional, Long Tail Keywords (kata kunci ekor panjang) adalah istilah atau frasa pencarian yang lebih panjang dan spesifik, biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih. Kata kunci ini mungkin memiliki volume pencarian yang lebih rendah daripada Keyword SEO secara umum, tetapi memiliki tingkat relevansi yang lebih tinggi dengan tujuan yang lebih spesifik dari pengguna.

Long Tail Keywords sering kali digunakan oleh pengguna yang sedang mencari informasi yang lebih spesifik atau memiliki niat belanja atau transaksi tertentu. Misalnya, jika seseorang mencari "sepatu olahraga Nike ukuran 10 hitam", ini adalah contoh Long Tail Keywords. Pengguna yang menggunakan kata kunci ini cenderung lebih dekat dengan tahap pembelian daripada seseorang yang hanya mencari "sepatu olahraga".

manfaat Longtail keyword dalam SEO

Relevansi Lebih Tinggi: Long Tail Keywords cenderung lebih relevan dengan konten yang Anda tawarkan. Ini membantu Anda menarik pengunjung yang memiliki niat yang lebih sesuai.

Persaingan yang Lebih Rendah: Karena Long Tail Keywords memiliki volume pencarian yang lebih rendah, persaingan dalam peringkat dalam hasil pencarian cenderung lebih rendah.

Konversi yang Lebih Tinggi: Pengguna yang menggunakan Long Tail Keywords biasanya memiliki niat yang lebih kuat untuk berinteraksi atau bertransaksi, sehingga dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Konten yang Lebih Relevan: Menciptakan konten yang membidik Long Tail Keywords memungkinkan Anda untuk memberikan informasi yang lebih spesifik dan relevan kepada pengguna.

Menghadapi Perubahan Algoritma: Mengandalkan variasi Long Tail Keywords juga membantu Anda mengurangi risiko perubahan algoritma mesin pencari yang dapat mempengaruhi peringkat kata kunci umum.

Contoh Long Tail Keywords adalah "tempat makan murah di Jakarta pusat", "cara memasak rendang daging sapi yang lezat", atau "hotel bintang 4 dekat Pantai Kuta Bali". Dalam strategi SEO, penting untuk memasukkan kata kunci ekor panjang yang relevan dalam konten Anda untuk menarik lalu lintas yang lebih terarah dan mengoptimalkan potensi konversi.

Cara Riset Longtail keyword

Mendapatkan ide atau melakukan riset Long Tail Keywords dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan ide long tail keyword yang biasanya akan dilakukan oleh para seo specialist:

Riset Pencarian Otomatis Google: Ketika Anda mulai mengetik di kotak pencarian Google, Google akan menampilkan saran-saran otomatis yang didasarkan pada kata kunci yang sering dicari. Ini bisa memberikan Anda ide tentang apa yang sedang dicari oleh pengguna.

Gunakan Alat Riset Kata Kunci: Alat seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, SEMrush, dan Ahrefs dapat membantu Anda menemukan Long Tail Keywords yang relevan dengan topik Anda. Alat-alat ini memberikan data tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran kata kunci terkait.

Analisis Pesaing: Melihat kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda dalam konten mereka dapat memberikan Anda ide tentang Long Tail Keywords yang bisa Anda sasar.

Pertanyaan Pengguna: Melihat pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna di forum, situs tanya-jawab (seperti Quora), atau media sosial dapat memberikan ide Long Tail Keywords yang spesifik.

Analisis Google Analytics: Jika Anda memiliki situs web yang sudah memiliki lalu lintas, Anda dapat melihat keyword apa yang membawa lalu lintas ke situs Anda melalui Google Analytics.

Trend dan Topik Populer: Mengikuti tren atau topik yang sedang populer dapat memberikan Anda ide Long Tail Keywords yang terkait dengan topik tersebut.

Pencarian Berbasis Lokasi: Jika bisnis Anda terkait dengan lokasi tertentu, mencari kLong Tail Keywords yang berfokus pada lokasi dapat sangat efektif.

Pertimbangkan Variasi Kata Kunci Umum: Mulai dari main keyword dan pikirkan variasi atau pertanyaan yang lebih spesifik yang mungkin diajukan oleh pengguna.

Gunakan Tool Berbasis Suggest: Ada beberapa alat online yang berbasis pada suggest dari berbagai platform seperti Google, Bing, dan YouTube. Ini bisa memberikan ide kata kunci ekor panjang yang beragam.

Ingatlah untuk memilih kata kunci ekor panjang yang benar-benar relevan dengan topik Anda dan memiliki potensi untuk memberikan nilai kepada pengguna. Juga, pastikan untuk menyelidiki volume pencarian dan tingkat persaingan sebelum memutuskan untuk mengoptimalkan konten untuk kata kunci tersebut.

Jika anda ingin melakukan optimasi SEO dengan harga Terjangkau, tim Jasa SEO Jogja Roofel Siap membantu optimasi SEO website bisnis anda.