Pahami dan Manfaatkan Schema Markup untuk Optimasi SEO | Update Terbaru

Yuda Prima Jasa
Pahami dan Manfaatkan Schema Markup untuk Optimasi SEO

Schema markup adalah jenis kode semantik yang ditempatkan di situs web untuk membantu mesin pencari mengembalikan hasil yang lebih informatif bagi pengguna.


Schema markup adalah cara yang efektif untuk membantu mesin pencari memahami konten website Anda dan membuatnya lebih menonjol di hasil pencarian. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang apa itu schema markup, mengapa penting untuk SEO, dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Schema Markup?

Schema Markup adalah kode yang Anda tambahkan ke halaman web Anda untuk memberikan konteks tambahan kepada mesin pencari tentang konten Anda. Ini membantu mesin pencari memahami lebih baik apa yang ada di halaman tersebut dan dapat mempengaruhi cara tampilan hasil pencarian. Sebagai bagian dari Technical SEO, Schema Markup membantu meningkatkan struktur dan keterbacaan situs web Anda di mata mesin pencari, yang dapat berkontribusi pada peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Mengapa Schema Markup Penting untuk SEO?

Schema markup membantu website Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk berbagai jenis konten. Ada markup data untuk berbagai jenis data, termasuk:

  • Artikel
  • Bisnis lokal
  • Restoran
  • Episode TV dan peringkat
  • Ulasan buku
  • Film
  • Aplikasi perangkat lunak
  • Acara
  • Produk
  • Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Dengan demikian, ada banyak markup yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan SEO website Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Schema Markup untuk SEO?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan schema markup di situs web Anda:

  1. Pilih Tipe Data

Pilih salah satu tipe data yang paling umum dari daftar yang diberikan. Misalnya, kita akan menggunakan "Artikel" karena merupakan salah satu jenis konten yang paling umum.

  1. Tempelkan URL yang Ingin Anda Markup

Tempelkan URL halaman yang ingin Anda tambahkan markup. Jika Anda hanya memiliki HTML, Anda juga dapat menempelkannya. Kemudian, klik "Mulai Menandai".

  1. Pilih Elemen untuk Markup

Misalnya, untuk artikel, saya akan menyorot nama artikel untuk menambahkan markup "Nama". Setelah saya selesai menyorot, saya memilih "Nama" dari tooltip.

  1. Buat HTML

Setelah Anda selesai, klik "Buat HTML".

  1. Tambahkan Schema Markup ke Situs Anda

Setelah Anda mendapatkan kode HTML, tambahkan ke CMS atau kode sumber situs web Anda.

  1. Uji Schema Anda

Gunakan Google's Structured Data Testing Tool untuk mengetahui bagaimana tampilan halaman Anda dengan markup yang ditambahkan.

Tips untuk Menggunakan Schema Markup untuk SEO

Berikut adalah beberapa tips yang sering digunakan oleh SEO expert atau perusahaan jasa SEO Profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

Temukan Schema yang Paling Sering Digunakan

Schema.org menyediakan daftar schema markup yang paling umum digunakan. Anda bisa mengunjungi halaman Organisasi Schema untuk melihat daftar ini. Periksa jenis yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Gunakan Semua Schema yang Anda Butuhkan

Ada banyak jenis markup. Untuk mendapatkan daftar lengkap, kunjungi The Type Hierarchy. Daftar ini memberikan sebagian besar jenis markup yang tersedia.

Semakin Banyak Markup, Semakin Baik

Petunjuk dari Schema.org menjelaskan "semakin banyak konten yang Anda tandai, semakin baik." Ketika Anda mulai memahami berbagai jenis item, Anda mulai melihat berapa banyak hal di halaman web Anda yang dapat Anda tandai.

Kesimpulan

Schema markup adalah salah satu teknik SEO yang mungkin akan bersama kita untuk waktu yang lama. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mempelajari dan menerapkan microdata untuk meningkatkan hasil pencarian Anda. Melakukan hal ini segera akan memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing Anda.