Pengertian Noffolow Backlink dan Manfaatnya

Yuda Prima Jasa
Pengertian Noffolow Backlink dan Manfaatnya

tautan yang diberikan dari satu situs web ke situs web lain tetapi dengan atribut "nofollow" di dalam tag <a> HTML.


Nofollow backlink adalah tautan yang diberikan dari satu situs web ke situs web lain tetapi dengan atribut "nofollow" di dalam tag HTML. Atribut "nofollow" memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti atau memberikan nilai tambah pada tautan tersebut saat mengindeks halaman yang ditautkan. Dengan kata lain, meskipun tautan nofollow masih dapat diklik oleh pengguna, mesin pencari tidak akan mengikutinya atau memperhitungkannya saat menentukan peringkat halaman.

  1. Menghindari Penalti dari Mesin Pencari: Salah satu manfaat utama dari nofollow backlink adalah bahwa mereka dapat membantu menghindari penalti dari mesin pencari. Jika Anda mendapatkan tautan dari situs yang tidak relevan atau berpotensi merugikan, menambahkan atribut nofollow pada tautan tersebut dapat membantu melindungi situs Anda dari penurunan peringkat atau penalti yang diberikan oleh mesin pencari.
  2. Mengendalikan Arus PageRank: Dengan menggunakan tautan nofollow, Anda dapat mengendalikan bagaimana PageRank (nilai penting dalam algoritma peringkat Google) mengalir melalui situs Anda. Tautan nofollow memungkinkan Anda untuk menentukan situs mana yang ingin Anda beri bobot dalam peringkat pencarian, dan mana yang tidak.
  3. Mencegah Spam dan Tautan yang Tidak Diinginkan: Atribut nofollow dapat membantu dalam memerangi spam dan tautan yang tidak diinginkan. Dengan memberi tahu mesin pencari bahwa Anda tidak mendukung atau tidak mempercayai tautan tertentu, Anda dapat meminimalkan kemungkinan menerima tautan yang merugikan dari situs yang tidak diinginkan atau berpotensi merugikan.
  4. Fokus pada Tautan Berkualitas: Dengan menggunakan nofollow, Anda dapat fokus pada membangun tautan dari sumber-sumber yang relevan dan berkualitas tinggi. Ini membantu meningkatkan otoritas dan reputasi situs web Anda di mata mesin pencari dan pengguna.
  5. Meminimalkan Risiko Over-Optimization: Dengan menggunakan nofollow saat melakukan optimasi SEO website, Anda dapat meminimalkan risiko over-optimization. Terlalu banyak tautan yang dioptimalkan dapat dianggap sebagai praktik manipulatif oleh mesin pencari dan berpotensi merugikan peringkat situs Anda.

Meskipun nofollow backlink tidak memberikan nilai tambah langsung dalam hal peringkat pencarian, mereka masih memiliki manfaat penting dalam mengelola profil tautan situs web Anda dan melindungi situs Anda dari risiko yang mungkin timbul dari tautan yang tidak relevan atau berpotensi merugikan.