Tips Mudah Optimalkan Bisnis Anda di Jogja dengan Local SEO

Yuda Prima Jasa
Tips Mudah Optimalkan Bisnis Anda di Jogja dengan Local SEO

cara mudah mengoptimalkan bisnis di jogja dengan memanfaatkan local SEO


Mungkin saja sebagian dari Anda masih bertanya-tanya apa itu local SEO? Secara sederhananya, local SEO merupakan metode untuk menampilkan usaha Anda dalam pencarian lokal. Artinya Anda akan melakukan proses optimasi SEO sebuah produk atau layanan bisnis untuk kata kunci lokasi yang lebih spesifik. Sebagai contohnya, jika Anda user, pastikan Anda akan mengetik kata kunci lokasi pada pencarian. Seperti toko mainan Surabaya, restoran enak Malang, dan lain sebagainya. Melalui cara seperti itulah, Anda akan mampu meningkatkan organic traffic dari pencarian informasi lokal bisnis tersebut.

Tips Mudah Optimalkan Bisnis dengan Local SEO

Local SEO akan lebih powerful dengan cara teknis untuk menyakinkan mesin pencari agar bisnis Anda dapat terdeteksi. Maka dari itulah, penting adanya pengoptimalan usaha dengan local SEO.

Lalu, bagaimana cara serta tips yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memanfaatkan local SEO untuk memperoleh hasil terbaik dalam pengoptimalan.

1. Buat Profil Bisnis pada Google My Business

Tidak dipungkiri, bahwa mengumpulkan informasi lokal terhadap search engine akan mengandalkan konten lokal dan halaman profil bisnis. Dengan begitu, mulailah menggunakan Google My Business. Buatlah akunnya dan lakukan verifikasi. Jika sudah, Anda bisa langsung melakukan pengecekan kembali pada kelengkapan profilnya. Pastikan hal-hal yang penting untuk bisnis Anda sudah terlengkapi dengan baik. Seperti mengisi nama, lokasi bisnis, nomor telepon aktif, kategori bisnis, foto, jam operasional dan deskripsi bisnis. Lakukan update secara berkala pada informasi yang Anda isi, karena pastinya setiap usaha akan terdapat perubahan. Jangan lupakan pendukung lainnya yaitu mengajak para pelanggan untuk memberikan review kepada bisnis tersebut, dan sebaliknya berilah tanggapan atau respon. Hal tersebut bertujuan agar bisnis yang Anda bangun lebih kredibel.

2. Gunakan Kata Kunci dan Deskripsi Bisnis yang Berkualitas

Penggunaan kata kunci atau sering kali disebut keyword sangatlah mempengaruhi bisnis Anda. Penggunaan kata kunci yang tepat akan membawa dampak yang positif terhadap peringkat bisnis dalam mesin pencarian. Untuk mencari informasi mengenai kata kunci yang berpotensi mendatangkan banyak calon pelanggan, Anda bisa menggunakan berbagai tools SEO yang tersebar. Tools SEO seperti Google Keyword Planner ataupun juga Google Trend. Selain dari penggunaan kata kunci yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan deskripsi bisnisnya. Buatlah deskripsi yang relevan dan berkualitas tinggi. Hal tersebut bertujuan agar pelanggan lebih mempercayai bisnis Anda. Dengan begitu, secara tidak langsung para user akan memilih sekaligus mencari informasi lengkap mengenai bisnis tersebut. Sehingga, traffic pada pencarian akan meningkat karena banyaknya orang yang mencari bisnis Anda.

3. Tambahan Foto dan Ulasan Bisnis

Tips pengoptimalan bisnis dengan Local SEO yaitu menambahkan foto dan ulasan bisnis. Walaupun terdengar sederhana, konsumen yang baru pertama kali melihat bisnis Anda akan mencari foto tentang bisnis Anda terlebih dahulu. Melalui foto itulah, secara tidak langsung konsumen sudah menemukan bagaimana gambaran bisnis Anda. Maka dari itu, tambahkan foto yang menarik perhatian konsumen agar bisnis tersebut berjalan lancar. Tidak hanya menambahkan foto, tetapi ulasan juga. Anda bisa memberikan respon yang baik terhadap semua ulasan yang Anda terima sebelumnya. Dengan adanya interaksi pelanggan itulah yang membuat bisnis Anda menunjukan kredibilitasnya.

4. Buat Website dan Integrasikan ke GMB

Ada banyak hal yang perlu Anda pastikan dan perhatikan, dimana bisnis yang baik tidak selalu membicarakan tentang bisnis tersebut. Beberapa cara seperti membuat konten pada website akan membantu bisnis Anda dikenal banyak orang. Alasannya sangat sederhana karena selain berbagi tentang bisnisnya itu sendiri, Anda bisa berbagi hal-hal lain yang menunjang berjalan dan berkembangnya bisnis tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda membuat website. Anda bisa mengisi website tersebut dengan konten-konten yang mengulas tentang bisnis, seperti contoh tips dan triknya, rekomendasi produk terpopuler dan lain sebagainya. Selain konten berupa tulisan melalui postingan blog pada website, Anda juga bisa membuat video-video tentang mendukung bisnis tersebut. Jika hal itu sulit Anda lakukan. Anda bisa meminta bantuan jasa pembuatan website Jogja untuk website yang tertata rapi. Lalu jangan lupa untuk menyambungkan laman yang sudah Anda buat ke GMB. Google My Business yang sebelumnya sudah Anda buat. Cara itulah yang akan membantu bisnis Anda lebih terkesan profesional dan kredibel. Sehingga, bisnis yang Anda buat akan menarik banyak calon pelanggan.

5. Gunakan Top Level Domain

Top Level Domain merupakan bagian akhir dari suatu domain, sebagai contoh seperti co.id, .com, dan lain sebagainya. Memang terdengar sederhana, tetapi hal ini penting untuk Anda perhatikan. Karena fungsi domain itu sendiri sebagai identitas website. Dengan menggunakan top level domain, maka akan dapat menunjukkan tema atau isi dari sebuah website tersebut sekaligus asal websitenya.
Anda juga perlu menghindari nama domain yang sudah eksis, tapi berbeda ekstensinya. Hal tersebut karena nama domain yang berbeda ekstensinya akan menampakkan website yang kurang otentik. Dari banyaknya pilihan domain yang populer, pilihan terbanyak mencapai lebih dari 40% penggunaanya yaitu .com. Maka dari itu, Anda bisa mencoba domain .com untuk website bisnis.

6. Optimalkan Situs Web Bisnis Anda dengan Keyword yang Sama

Tips pengoptimalan bisnis pada Local SEO yaitu dengan optimalkan situs website bisnis dengan keyword yang sama. Pada intinya semua kata kunci yang Anda buat baik pada Google My Business dan website haruslah sama. Hal ini berguna untuk memudahkan mesin pencarian mengidentifikasi keyword atau kata kunci yang relevan. Semakin samanya kata kunci, maka akan memudahkan mesin pencarian untuk memahami bisnis yang sedang Anda buat. Selain pengoptimalan dari sisi website dan Google My Businessnya. Juga bisa memasukkan kata kunci yang sama ke dalam meta tag, seperti heading judul, url dan meta deskripsi postingan dengan kata kunci yang sama.

7. Anda Pastikan Nama, Alamat serta Nomor Telepon Konsisten

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa user dan search engine dapat dengan mudah mengetahui informasi penting tentang bisnis yang Anda miliki. Informasi penting tersebut termasuk nama bisnis, alamat dan nomor telepon yang aktif. Guna memastikan hal tersebut, Anda bisa menambahkan ketiga informasi tersebut pada bagian yang mudah ditemukan user pada website Anda. Selain itu, pastikan pula informasinya berupa HTML text, sehingga mudah crawl oleh mesin pencarian. Demikian informasi mengenai tips mudah mengoptimalkan bisni dengan Local SEO. Membangun strategi bisnis dengan Local SEO yang tepat akan membantu mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Strategi yang telah kami uraikan tadi, bisa Anda mulai dengan membuat Google My Business terlebih dahulu. Jika sudah lanjutkan ke beberapa cara lainnya untuk mendapatkan bisnis yang semakin berkembang dengan pesat. Jika terkesan ribet, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli. Kami siap membantu Anda untuk optimasi bisnis di pencarian lokal. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan penyedia jasa SEO Jogja terbaik. Jasa pembuatan website dan jasa SEO percayakan kepada roofel.com.